20 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia

Testimoni:
'Dengan Iuran Terjangkau, Kesehatan Karyawan Terlindungi'

...

  • portalsatu.com
  • 02 March 2019 14:00 WIB

Foto dok. BPJS Kesehatan
Foto dok. BPJS Kesehatan

Banda Aceh – Setiap pekerja mempunyai hak untuk memperoleh perlindungan atas kesehatan, dan pemberi kerja diwajibkan untuk menjaminkan kesehatan para pekerja melalui kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Ini sebagaimana diamanatkan di dalam regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Hal inilah yang telah dilaksanakan salah satu badan usaha yang bergerak di bidang perhotelan di Kota Banda Aceh yang telahmendaftarkan karyawannya menjadi peserta Program JKN-KIS.

“70 orang karyawan dan 165 anggota keluarga di sini telah kita daftarkan dalam Program JKN-KIS. Saya sampaikan kepada para karyawan disini kalau sakit itu bisa datang kapan saja, bisa jadi hari ini sehat-sehat saja dan besok tiba-tiba sakit. Makanya dari awal Program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan ini lahir, saya dan pimpinan di sini langsung mendaftarkan para karyawan menjadi peserta JKN-KIS,” ungkap Human Resources Manager (HRM) Hotel Medan, Amren Amar, belum lama ini, di Banda Aceh.

Sebagai seseorang yang termasuk didalam elemen HRM, pria berusia 40 tahun ini bertanggung jawab untuk menangani pengelolaan SDM atau karyawannya termasuk perlindungan jaminan kesehatan karyawannya. Oleh karena itu ia sangat berperan aktif dalam mengkomunikasi dan mengurus kepesertaan pekerjanya ke BPJS Kesehatan.

“Sudah sepatutnya seorang karyawan yang menerima gaji/upah untuk menjadi peserta JKN-KIS dengan membayar iuran, karena dengan iuran yang terjangkau yaitu sebesar 1% dipotong dari gaji karyawan dan selebihnya yaitu 4% telah ditanggung oleh pimpinan atau pemberi kerja perusahaan kami, jadi tidak memberatkan sama sekali,” ujar ayah dua putri ini.

Ia menyampaikan dengan menjadi peserta JKN-KIS karyawan beserta keluarganya menjadi sehat, jika sakit dapat tertangani dengan baik dan sangat berpengaruh dalam bekerja karena menurutnya dengan terjaminnya kesehatan bekerjapun menjadi nyaman serta maksimal.

Mengenai manfaat yang telah dirasakan oleh dirinya dan para karyawannya saat menggunakan JKN-KIS, ia mengatakan banyak sekali manfaat yang didapatnya salah satunya pada saat berobat tidak ada biaya sama sekali yang dikeluarkan.

“Saya dan karyawan disini telah menggunakan JKN-KIS, ada juga salah satu karyawan yang sampai harus dioperasi, Alhamdulillah tidak ada biaya sedikitpun, kalau dulu sebelum ada JKN-KIS mau berobat yang dikedepankan harus ada uang dulu baru bisa berobat tapi diera JKN-KIS ini kekhawatiran seperti itu tidak ada lagi,” ucapnya.

Ia mengimbau kepada badan usaha yang belum mendaftarkan pekerjanya ke Program JKN-KIS agar segera mendaftar karena JKN-KIS ini sangat berguna yaitu untuk perlindungan kesehatan bagi pekerja dan anggota keluarganya.[](adv)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.