21 January 2021

Kabar Aceh Untuk Dunia


Di Balik Kisah Nabi Adam, Ada 2 Permintaan Iblis Menjadi Ujian Manusia

...

  • OKEZONE
  • 30 November 2020 10:00 WIB

@via inilah.com
@via inilah.com

Iblis akan terus menggagu dan menggoda dan menjerumuskan manusia hingga akhir hayat.

Perilaku iblis itu didasari oleh dua permintaah yang dikabulkan Allah Subhanahu wata'ala (SWT), saat awal mula Nabi Adam diciptakan.

Dahulu kala, tak ada rujukan tepatnya tahun berapa, Allah SWT berkata kepada para malaikat-Nya, "Wahai malaikat semua, Aku memberi berita bahwa Aku hendak mencipta manusia untuk Kujadikan khalifah di atas dunia."

Kala itu malaikat menyikapi firman Allah SWTdengan berkata, "Wahai Allah Ta'ala, kenapa Engkau hendak menjadikan manusia sebagai khalifah di dunia, yang hanya akan membuat kerusakan saja? Bukankah Engkau tahu, kami selalu memuji-Mu, senantiasa memahasucikan-Mu?" Mendapat pertanyaan bernada "penyangkalan" Allah SWT langsung menjawab mantap, "Aku lebih tahu tentang segala hal yang tak kalian tahu." (QS: Al Baqarah: 30)

Selanjutnya, Allah SWT merealisir iradah-Nya (kehendak-Nya). Dengan sekali ucapan "Kun fa yakun (jadilah)" maka jadilah Adam, yang terbuat dari tanah hitam. (QS:Shaad: 71; QS: Al Hijr: 26, 28-29; dan QS: Ar Rahmaan: 14) Kepada manusia perdana ini, Allah SWT lantas mengajarkan berbagai hal nama benda.

Manusia Adam yang diberi akal pikiran, langsung menghafal di luar kepala. Berikutnya, Allah SWT mengumpulkan para malaikat yang kepada mereka lantas dikatakan, "Wahai kalian para malaikat, coba sebutkan kepada-Ku nama-nama semua benda."

Para malaikat berkata bahwa mereka tak mengetahuinya, tak tahu apa-apa, kecuali hanya beberapa hal yang telah dikasih tahu Allah SWT. Lantas Allah SWT giliran memerintahkan Adam, dan manusia perdana ini langsung menyebutkan semua nama benda yang ditunjukkan Allah SWT kepadanya. Adam dengan gemilang memperlihatkan kehebatan dan kelebihan.

Setelah selesai membanggakan Adam di depan malaikat sekalian, Allah SWT lantas berkata kepada mereka,"Bukankah telah Aku katakan kepada kalian, bahwa Aku lebih tahu rahasia langit dan bumi, tahu segala yang kau kemukakan ataupun yang kalian sembunyikan?"

Berikutnya Allah memerintahkan kepada malaikat, "Bersujud, beri hormatlah kalian kepada Adam!' Semua malaikat bersujud, kecuali Iblis.

Apa pasal? Iblis yang tak lain adalah "jin mbalelo alias tak taat" (QS: Al Kahfi: 50) merasa diri lebih utama dibanding manusia, sebab dia diciptakan dari api sedang Adam dari tanah belaka.

Iblis enggan dan merasa takabur, ujub alias merasa lebih tinggi, utama, dan mulia. Padahal hanya Allah yang lebih tahu mana yang lebih utama, karena Allah memang Pencipta keduanya. 

Alhasil, Iblis pun lantas dikutuk oleh Allah nya, "Keluarlah kamu dari surga dalam keadaan hina, sesungguhnya kutukan-Ku tetap atasmu sampai hari pembalasan tiba waktu (QS: Shaad: 73-78) Iblis menerima kutukan.

Namun, Iblis mengajukan permintaan kepada Allah : (1) Agar umurnya ditangguhkan alias tak mati sampai hari pembalasan. (2) Diberi keleluasaan untuk menggoda manusia dari depan dan belakang, kiri dan kanan, agar kelak menjadi temannya hidup di neraka.

Allah SWT mengabulkan kedua permintaan, namun dengan memberi peringatan, "Ajaklah siapa saja dari mereka dengan segala daya dan upaya. Jika mereka mengikutimu, akan Aku masukkan mereka ke neraka bersamamu. Namun, bagi mereka yang waspada, pasti akan tahu bahwa janji Iblis adalah tipuan belaka. Dan bagi mereka cukuplah Aku yang menjadi penjaga." (QS: Al A'raaf: 13-18 dan QS: Al Israa': 61-65).[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2021 All Rights Reserved.