19 September 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Kuil Tertua Dunia di Turki Undang Wisatawan Mancanegara

...

  • ANADOLU AGENCY
  • 03 March 2018 09:30 WIB

Gobekli Tepe, kuil tertua di dunia, di Turki.@Anadolu Agency
Gobekli Tepe, kuil tertua di dunia, di Turki.@Anadolu Agency

Kuil Gobekli Tepe kini memiliki atap baru untuk melindungi situs kuno itu selama bertahun-tahun ke depan.

ANKARA - Kuil tertua di dunia terletak di tenggara Turki dan kini memiliki rencana ambisius, yaitu menarik satu juta pengunjung pada 2018 setelah pembangunan atap perlindungan baru.

Gobekli Tepe, begitu nama tempat ibadah kuno tersebut, rencananya akan dimasukkan ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO karena diakui sebagai kuil tertua dunia oleh berbagai organisasi.

Setelah tujuh tahun berada dalam daftar itu, lokasi itu akan menjadi kandidat yang diajukan Turki kepada UNESCO pada pertemuan Situs Warisan Dunia ke-42 tahun ini.

Beberapa tahun belakangan ini, Gobekli Tepe melakukan sejumlah perbaikan, antara lain menyelesaikan pembangunan atap sebesar 4.000 meter persegi.

Dengan adanya perlindungan itu, diharapkan situs kuno di provinsi Sanliurfa tersebut bisa lestari untuk bertahun-tahun ke depan.

Pekan lalu, Gobekli Tepe kembali dibuka untuk umum.

Lebih tua dari situs-situs kuno lainnya

Walikota Fevzi Demirkol memperkirakan dengan "wajah baru" itu, Gobekli Tepe bisa menarik perhatian wisatawan mancanegara.

Atap itu bukan atas biasa, kata Demirkol, dan menghabiskan biaya USD 7,9 juta.

"Kami tahu Gobekli Tepe adalah sebuah karya seni yang bisa membangkitkan turisme di Turki dan kami yakin kuil ini harus masuk daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2018," kata Demirkol kepada Anadolu Agency.

Walikota itu juga mengatakan kuil kuno itu usianya 7.500 lebih tua dari Piramida Mesir dan Stonehenge di Inggris.

Gobekli Tepe ditemukan pada 1963 ketika peneliti dari Istanbul dan Chicago menelusuri area itu. Sejak saat itu, aktivitas penggalian tidak berhenti.

Institut Arkeologi Jerman dan Museum Sanliurfa bekerja sama sejak 1995 dan menemukan sejumlah artefak kuno berusia lebih dari 12.000 tahun.[]Sumber:anadoluagency

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.