21 January 2021

Kabar Aceh Untuk Dunia


Museum Islam Samudra Pasai Serahkan Hadiah untuk Juara Lomba Penguatan Karakter

...

  • PORTALSATU
  • 26 November 2020 21:25 WIB

Kepala Disdkbud Aceh Utara, Perwakilan BPCB Banda Aceh dan Camat Samudera berfoto bersama juara pertama sampai juara ketiga lomba storyline koleksi Museum Islam Samudra Pasai. Foto: istimewa
Kepala Disdkbud Aceh Utara, Perwakilan BPCB Banda Aceh dan Camat Samudera berfoto bersama juara pertama sampai juara ketiga lomba storyline koleksi Museum Islam Samudra Pasai. Foto: istimewa

LHOKSUKON - Museum Islam Samudra Pasai  menggelar acara puncak empat perlombaan terkait penguatan karakter anak-anak TK, SD, SMP, SMA hingga mahasiswa. Acara puncak itu pengumuman dan penyerahan hadiah kepada juara pertama sampai harapan ketiga untuk masing-masing perlombaan, yakni mewarnai koleksi, menggambar koleksi, presentasi koleksi, dan storyline koleksi Museum Islam Samudra Pasai.

Pengumuman dan penyerahan hadiah dilaksanakan di Aula Museum Islam Samudra Pasai di Gampong Beuringen, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Kamis, 26 November 2020. Acara itu dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara Saifullah, perwakilan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banda Aceh, Camat Samudera, para kepala sekolah dan orang tua dari anak-anak TK, SD, SMA dan mahasiswa yang meraih juara perlombaan tersebut.

"Kita sudah mengadakan empat perlombaan sejak akhir Oktober sampai awal November. Yaitu lomba mewarnai koleksi, menggambar  koleksi, presentasi koleksi, serta storyline koleksi museum ini, yang kita bungkus sebagai lomba penguatan karakter. Sehingga hari ini kita umumkan pemenang sekaligus penyerahan hadiah kepada juara I, II, dan III, harapan I, II, dan III untuk masing-masing perlombaan. Para juara memperoleh hadiah uang tunai, piala dan sertifikat," ujar Kepala Museum Islam Samudra Pasai, Nurliana NA., usai acara itu.

Nurliana menjelaskan, lomba mewarnai koleksi museum diikuti 28 anak umur 4 - 7 tahun (murid TK sampai kelas satu SD) dilaksanakan 24 Oktober 2020. Lalu, lomba menggambar sekaligus mewarnai koleksi museum diikuti 29 anak usia 7 - 13 tahun (murid SD sampai kelas satu SMP) diadakan 31 Oktober 2020.

"Anak-anak TK saya ajak mengikuti lomba mewarnai koleksi, dan anak SD menggambar koleksi sehingga mereka bisa ingat koleksi museum ini. Gambar-gambar yang telah diwarnai itu kemudian ditempel di sekolah mereka sehingga anak-anak bisa terus ingat dengan koleksi Museum Islam Samudra Pasai ini," tutur Nurliana yang juga Kabid Kebudayaan Disdikbud Aceh Utara.

(Kepala Disdikbud Aceh Utara menerima gambar salah satu koleksi museum diserahkan seorang kepala sekolah mewakili anak SD pemenang lomba menggambar koleksi Museum Islam Samudra Pasai.)

Dua lomba lainnya, presentasi koleksi dan storyline koleksi museum itu dilakukan, 7 November 2020. Pendaftar lomba presentasi koleksi museum mencapai 121 orang umur 13 - 19 tahun (pelajar SMP sampai SMA). Dari jumlah itu, yang mengirimkan narasi 85 peserta. Hasil seleksi, lolos 23 narasi tentang koleksi museum tersebut untuk dipresentasikan.

Sedangkan lomba storyline koleksi museum itu pesertanya usia 17 - 24 tahun (pelajar SMA dan mahasiswa). Pendaftar 33 orang, yang mengirim narasi tabel hanya 11 peserta, dan dipresentasikan.

"Khusus storyline koleksi museum, baru kita (Museum Islam Samudra Pasai) yang buat lomba ini di Aceh. Itu masuk literasi yang menjadi salah satu pilar penguatan karakter," tutur Nurliana.

(Perwakilan BPCB Banda Aceh menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba storyline koleksi Museum Islam Samudra Pasai.)

Nurliana berharap pada tahun depan pihaknya juga dapat menggelar perlombaan story telling. "Sehingga ketika dia (peserta lomba) bercerita tentang tokoh era Samudra Pasai, dia bercerita tentang karakter dari sosok itu," ucapnya.[](*)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2021 All Rights Reserved.