15 August 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Simpang-simpang Ini Jadi Ikon Kota Banda Aceh

...

  • ZAHRATIL AINIAH
  • 22 November 2015 17:00 WIB

Suasana di Simpang Surabaya Banda Aceh @portalsatu.com/Zahratil Ainiah
Suasana di Simpang Surabaya Banda Aceh @portalsatu.com/Zahratil Ainiah

Sebut saja salah satunya Simpang Surabaya. Ngomong-ngomong, dari manakah muncul nama 'Surabaya' di persimpangan yang menjadi pintu keluar menuju Jalan Banda Aceh - Medan itu?

BANDA ACEH sebagai ibu kota provinsi yang menjadi pusat segala aktivitas memiliki sejumlah persimpangan yang menjadi ciri khas Kota Banda Aceh. Sebut saja salah satunya Simpang Surabaya. Ngomong-ngomong, dari manakah muncul nama 'Surabaya' di persimpangan yang menjadi pintu keluar menuju Jalan Banda Aceh - Medan itu?

“Simpang tersebut disebut Simpang Surabaya karena ada Gampong Surabaya yang arah ke Kuta Alam dulunya, tahun 1960-an Gampong Surabaya namanya. Mungkin sekarang ini sudah diubah,” kata dosen sejarah Unsyiah, Rusdi Sufi, kepada portalsatu.com ketika dihubungi Minggu, 22 November 2015.

Di persimpangan yang seolah tak pernah kunjung sepi itu terdapat sebuah warug kopi ternama yaitu Dhapu Kupi. Warung kopi ini menjadi tempat nongkrong baik kalangan anak muda maupun orang tua. Meski suasananya yang agak bising karena terlalu dekat dengan jalan raya, Dhapu Kupi tak pernah sepi pengunjung.

Lantai dua warung kopi ini merupakan salah satu tempat yang cocok untuk 'menikmati' arus lalu lintas Simpang Surabaya yang sibuk dan padat. Di malam hari suasananya terasa lebih berbeda karena paparan lampu-lampu kendaraan yang membuat suasana menjadi indah.

Selain itu, simpang yang menjadi 'icon' Banda Aceh lainnya adalah Simpang Lima. Sesuai namanya ciri khas dari simpang ini adalah jalan lima arah yang menghubungkan ke sejumlah ruas jalan protokol di Banda Aceh seperti ke kawasan Peunayong. Karena letaknya yang strategis, simpang ini sering menjadi lokasi bagi para mahasiswa untuk berunjukrasa. Simpang ini juga menjadi lokasi strategis bagi perusahaan periklanan untuk memasang sejumlah baliho dan ragam bentuk iklan lainnya.

"Jarang-jarang ada Simpang Lima seperti ini, kalau tidak salah saya Simpang Lima kedua terdapat di Semarang. Tetapi di Aceh ada juga simpang yang lebih dari lima, yaitu Simpang Tujuh yang di Ulee Kareng namun namanya belum begitu populer di Banda Aceh,” ujar Rusdi.

Simpang Tujuh yang dimaksud Rusdi adalah sebuah persimpangan yang menghubungkan ke tujuh ruas jalan di Jalan T. Iskandar Banda Aceh. Di kawasan ini terdapat sebuah warung kopi yang namanya sudah melegenda yaitu Solong. Simpang Tujuh Ulee Kareng menghubungkan ke Blang Bintang di Aceh Besar dan juga Darussalam. (Baca: Kenapa Ada Simpang Mesra di Banda Aceh?)

Beberapa simpang lainnya yang juga menjadi ciri khas Kota Banda Aceh adalah Simpang Jam menuju Jalan Teukur Umar dan Simpang Mesra yang menjadi pintu keluar Banda Aceh ke Krueng Raya dan Kopelma Darussalam.[]

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.