26 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tips Mendampingi Anak Belajar

...

  • portalsatu.com
  • 12 June 2019 18:00 WIB


Secara lazim memang, anak seakan lebih fokus belajarnya untuk kepentingan ujian. Ketika masuk masa ujian barulah mereka dan ortunya sibuk (bila tidak abai) agar si anak dapat belajar sebaik mungkin. Bahkan sampai membatasi beberapa kegiatan dengan dispensasi dapat yang khusus saat liburan, dengan hadiah atau lainnya.

Kata "anak" kita batasi bagi anak anak yang di SD khususnya, sedangkan yang setingkat SMP perlu pendekatan lain. Adapun kata "belajar" kita maknai sebagai kegiatan mengolah dan menyerap informasi yang relevan untuk keperluan formalnya sesuai prosedur dan karakter sekolah.

Adapun makna mendampingi adalah, upaya orang tua untuk berada di sisi si anak dan membimbimbing aktivitas belajarnya secara langsung. Dari menyimak, memotivasi, membantu penyelesaian masalah dan membangun kontruksi pengetahuan (kognitif) yang diperlukan.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan:

Pertama, mengenal gaya belajar si anak. Dengan mengenal gayanya kita akan dapat memahami bagaimana sikap dan cara belajarnya.

Kedua, berfokus pada kemampuan akademiknya yang khas. Artinya kita bertoleransi untuk tidak sempurna dan betul betul cakap dalam semua pelajaran. Biarlah kemampuan berkembang secara bertahap dan tetap bergairah dalam belajar. Daripada harus diporsir, yang mungkin akan merusak "naluri" belajar alaminya.

Ketiga, memperhatikan dengan seksama apa kebutuhan utamanya saat belajar. Bisa jadi ia tidak paham satu hal, karena belum memahami konsep tertentu dan belum menemukan caranya. Atau ada kendala lainnya seperti kurangnya penjelasan/contoh-contoh dari guru.

Demikianlah sedikit celah yang dapat kita berikan saat mendampingi anak belajar. Walau sejatinya mendampingi anak belajar ini merupakan aktivitas yang terus berlangsung, bila kita memaknai kata "anak dan belajar" secara umum, bahkan sampai memperhatikan teman yang mempengaruhi cara belajarnya dengan baik. Jadi tidak sebatas masa ujian saja.


Ditulis oleh Taufik Sentana.
Praktisi pendidikan Islam. Menetap di Meulaboh, Aceh Barat.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.