26 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia

Di Kampus Bukit Indah, 18-21 Juni 2019
Unimal Gelar Pameran Industri dan Lomba Desain Pabrik

...

  • PORTALSATU
  • 12 June 2019 16:00 WIB

Rektor Unimal Herman Fithra. Foto dok. Humas Unimal
Rektor Unimal Herman Fithra. Foto dok. Humas Unimal

LHOKSEUMAWE -Universitas Malikussaleh (Unimal) akan menggelar Pameran Industri 2019 di Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, 18-21 Juni mendatang. Berbagai perlombaan, termasuk desain pabrik kimia berbasis teknologi unggul dan ramah lingkungan tingkat nasional turut memeriahkan pameran tersebut.

Rektor Unimal, Dr. Herman Fithra, Rabu, 12 Juni 2019, mengatakan kegiatan selama empat hari tersebut menampilkan perkembangan aneka industri di Aceh Utara dan sekitarnya. Selain dari kampus, perusahaan skala besar di Aceh seperti PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), PT Pertamina Hulu Energi (PHE), dan PT Perta Arun Gas (PAG), ikut serta dalam pameran itu.

PT PIM, PHE, dan PAG antara lain akan memamerkan bagaimana proses pembangunan pabrik berskala besar. Sebagai informasi, PT PIM sedang membangun pabrik pupuk NPK atau disebut juga pupuk majemuk.

“Berbagai hasil riset dosen dan mahasiswa di Unimal, terutama Fakultas Teknik, akan dipamerkan di sana. Di antaranya, desain tentang interior dan eksterior hasil kerja mahasiswa yang sudah memenangkan lomba desain di Hongkong. Ditampilkan juga rancangan pabrik kimia dalam format video tiga dimensi,” ujar Herman Fithra.

Herman Fithra mengajak masyarakat, terutama pelajar SLTA untuk mengunjungi pameran tersebut yang menampilkan berbagai perkembangan teknologi. “Nantinya masyarakat bisa melihat-lihat lokasi perkuliahan dan memasuki laboratorium-laboratorium jurusan di Fakultas Teknik, karena setiap jurusan  memamerkan berbagai produk inovatif mereka," katanya.

Dekan Fakultas Teknik Unimal, Dr. Muhammad menyebutkan, selain pameran kemajuan teknologi,  juga akan dipamerkan berbagai hasil usaha mahasiswa dan masyarakat seperti produk madu, produk kecantikan, pameran otomotif, dan produk makanan.

“Di lokasi, juga digelar lomba menggambar dan mewarnai bagi anak setingkat TK dn SD. Hasilnya akan dinilai oleh dosen dari Teknik Arsitektur Unimal,” kata Muhammad. Menurut dia, ada pula serangkaian kegiatan hiburan di lokasi pameran tersebut.

Pembantu Dekan I Fakultas Teknik Unimal, Dr. Azhari, menambahkan, di lokasi pameran juga berlangsung perlombaan desain pabrik tingkat nasional yang diikuti puluhan perancang pabrik dari berbagai universitas di Indonesia. Menurutnya, perlombaan tersebut termasuk event bergengsi karena melibatkan teknologi desain yang canggih.  

Azhari menambahkan, lomba rancang pabrik tersebut digelar Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Unimal bertema “Pabrik kimia yang berbasis teknologi unggul dan ramah lingkungan guna membangun kompetensi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. Lomba tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa aktif Fakultas Teknik di seluruh Indonesia.[](rilis)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.