25 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Kondisi Pembalap Luis Salom Sebelum Dinyatakan Meninggal

...

  • PORTALSATU
  • 04 June 2016 10:40 WIB

Pembalap MotoGP Luis Salom dari tim SAG. @MotoGP.com
Pembalap MotoGP Luis Salom dari tim SAG. @MotoGP.com

BARCELONA - Direktur Medis MotoGP Dr Angel Charte telah mengeluarkan pernyataan mengenai kondisi pembalap Moto2 Luis Salom segera setelah terjadinya kecelakaan yang merenggut nyawanya di Catalunya, Jumat 3 Juni 2016.

Salom, 24, meninggal akibat cedera yang dia alami dalam kecelakaan di tikungan ke-12 dalam sesi latihan bebas kedua.

Ketika tim medis tiba di lokasi, dia sudah dalam kondisi gagal jantung.

Berikut penjelasan Dr. Charte tentang upaya penyelamatan nyawa Salom, yang sayangnya tidak membawa hasil.

Hari ini tim medis dari Kejuaraan Dunia MotoGP tiba di lokasi insiden yang melibatkan Luis Salom pada tikungan ke-12 di sesi latihan kedua kelas Moto2 di Sirkuit Barcelona-Catalunya.

Saat mereka tiba, si pembalap sudah mengalami gagal jantung. Dengan mempertimbangkan parahnya kondisi dia, tim medis MotoGP melakukan upaya bantuan pernapasan dengan selang melalui mulut (orotracheal intubation) dan cardiopulmonary resuscitation (CPR) di pinggir trek.

Setelah itu dia diberi penopang leher dan staf medis melakukan tindakan pada pembuluh darah, kemudian dengan kompresi dada.

Sejak tiba di lokasi, dengan segera diketahui bahwa Salom sudah gagal jantung. Dia kemudian diberi obat untuk menstabilkan kondisi jantung dan aliran darahnya.

Tindakan CPR di pinggir trek berlangsung selama 18 menit, namun karena kondisi Salom yang mengancam jiwanya, diambil keputusan untuk memindahkan dia lewat jalan darat dengan ambulans.

Tindakan medis dilanjutkan selama 40 menit dalam perjalanan ambulans, namun penyerapan oksigennya memburuk.

Staf medis melanjutkan tindakan dengan suntikan jarum (needle thoracostomy) untuk menyalurkan udara dan darah. Selama dalam perjalanan, mereka menginformasikan instalasi gawat darurat di Hospital General de Catalunya tentang perubahan kondisi Salom.

Salom tiba di Hospital General de Catalunya pukul 16.10 dan dia segera dipindahkan ke ruang emergensi di mana tindakan CPR dilanjukan oleh tim medis di sana.

Segera di Hospital General de Catalunya, Salom dipindahkan ke ruang operasi untuk menjalani pembedahan oleh tim bedah.

Pasien dinyatakan meninggal pada pukul 16.55.

Baik prosedur di lapangan, dalam perjalan menuju Hospital General de Catalunya, maupun penanganan di dalam rumah sakit, semua dilakukan dengan standar tertinggi.

Dr. Angel Charte
Direktur Medis MotoGP

Sumber:beritasatu.com

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.