23 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


'Makam Navigator Kesultanan Samudra Pasai yang Terlupakan'

...

  • PORTALSATU
  • 05 February 2019 22:30 WIB

Foto: Cisah
Foto: Cisah
Foto: Cisah
Foto: Cisah
Foto: Cisah

LHOKSEUMAWE - Tim CISAH (Center of Information for Samudra-Pasai Heritage) bersama PELISA (Pelajar Peduli Sejarah Aceh) mengisi hari libur denganĀ meuseuraya (gotong royong). Mereka melakukan pembersihan, penataan dan pendokumentasian tinggalan sejarah Kesultanan Sumatra (Samudra Pasai) di Kompleks Makam Mu'allim Ahmad Taufiq (abad ke-9 H/15 M) di Gampong Blang Weu, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Selasa, 5 Februari 2019.

Ahmad Taufiq adalah mu'allim (navigator) era Kesultanan Samudra Pasai. Akan tetapi, kompleks makam Navigator Samudra Pasai itu dinilai masih terlupakan atau terabaikan.

Sukarna Putra, Wakil Ketua CISAH, mengatakan makam ini pertama sekali ditemukan oleh tim pada tahun 2010, saat melakukan penyisiran tinggalan sejarah di kawasan itu. Masyarakat setempat menyebutnya dengan Jrat Bate Badan.

"Pada 2013 dan 2014 kami kembali melakukan tinjauan bersama BPCB, tapi sayangnya hingga hari ini kami belum dapat informasi status situs cagar budaya ini apa sudah diregistrasi atau belum. Kami merasa ini merupakan peninggalan penting yang dimiliki oleh Kota Lhokseumawe, mengingat Lhokseumawe masa lampau dikenal dengan kemaritimannya yang tangguh, sudah barang tentu nama besar itu berkat hadirnya tokoh-tokoh mu'allim (navigator)," ujar Sukarna Putra.

Menurut Sukarna Putra, pada 22 Agustus 2015 silamĀ  situs sejarah ini ikut mengisi stan ruang pameran Dinas Syariat Islam Kota Lhokseumawe dan CISAH di Nagan Raya.

(Baca:https://archives.portalsatu.com/histori/tinggalan-sejarah-lhokseumawe-nisan-ahli-pelayaran-hingga-segel-tengku-maharaja/)

Sementara itu, Sukarna Putra juga menyampaikan bahwa Pelisa yang merupakan generasi pelajar di Kota Lhokseumawe semestinya mendapat dukungan penuh dari dinas terkait, mengingat semangat kecintaan akan warisan leluhur yang mereka miliki merupakan sebuah berkah untuk menciptakan masa depan Kota Lhokseumawe yang madani dan berkarakter.[](rilis)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.