19 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


'Isu MoU dan UUPA Jangan Untuk Memantik Emosional Pemilih'

...

  • MUDIN PASE
  • 07 February 2019 16:50 WIB

Tarmidinsyah Abubakar. Foto istimewa
Tarmidinsyah Abubakar. Foto istimewa

BANDA ACEH - Politikus Partai Demokrat di Aceh, Tarmidinsyah Abubakar, menilai wajar jika caleg untuk sementara mengurangi mengangkat isu terkait MoU Helsinki dan UUPA.

"Karena dua periode mereka bicara isu itu nyatanya hanya menjadi media yang kuat untuk kesenjangan kesejahteraan," kata Tarmidinsyah Abubakar menjawab portalsatu.com, 7 Februari 2019.

Menurut Tarmidinsyah, yang terlihat berkembang di tengah rakyat, isu-isu itu kesannya dimonopoli golongan tertentu. "Itu sesungguhnya, MoU dan UUPA tidak boleh berjalan terpisah dengan tujuan bernegara, apalagi dalam ikhwal keadilan yang seharusnya menjadi lebih baik, ternyata kan tidak," ungkap caleg DPRA Dapil 5 ini.

Mantan politikus PAN ini melihat perilaku dan mentalitas ini menyebabkan sebagian caleg merasa tidak akan mampu menarik rakyat untuk mendukungnya. "Barangkali akan menarik bila sistem manajemen politik dan sosial para pihak yang mengusung MoU dan UUPA di-manage secara terbuka dan partisipasi yang luas," ujar mantan Ketua BM PAN Aceh ini.

Dia juga mengkritik kualitas para caleg. Banyak yang terpilih dinilai kurang berkualitas, dan ini menyebabkan sulitnya mereka melakukan kerja-kerja politik. Sehingga 'dosa' dua pileg lalu menyebabkan mereka kini takut menjual isu MoU dan UUPA.

 "Saya melihat realita kompetensi sumber daya manusia, maka ini membutuhkan waktu untuk membenahi. Jika tidak, rakyat selalu akan menganggap hal ini sebagai umpan politik partai untuk sebatas memantik emosional," jelas Tarmidinsyah.

Tarmidinsyah meminta pembahasan-pembahasan UUPA dan MoU tidak hanya untuk isu pemilu. Seharusnya isu ini menjadi isu umum dan terus diperjuangkan bersama.

"Yang penting tidak menjadi isu negatif akibat pemahaman (yang keliru), dan saya khawatir ada pihak  yang sebatas mengeksploitasi UUPA dan MoU sebagai ideologi partai dan menghadapkannya dengan isu partai lain yang sesungguhnya sama sekali tidak berkontradiksi," pungkasnya.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.