22 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Irwandi Dapat Dukungan Petisi, Apa Isinya?

...

  • PORTALSATU
  • 07 February 2019 22:30 WIB

BANDA ACEH – Setelah menjalani masa penahanan selama 7 bulan, Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf kembali mendapat dukungan 'Jaringan Masyarakat Peduli dan Simpati Terhadap Gubernur Aceh (JEMPUT Gubernur Aceh)'.

Dukungan ini dirilis bersama petisi ‘Hentikan Kriminalisasi Terhadap Gubernur Aceh Irwandi Yusuf’ dalam website Change.org, Selasa, 5 Februari 2019. Petisi ini ditujukan kepada Presiden Joko Widodo, Ketua dan Anggota DPR RI dan Komisi Yudisial.

Yazir Akramullah, pembuat petisi, menuliskan bahwa JEMPUT berasal dari kegelisahan masyarakat Aceh dalam mengawal proses hukum yang menjerat Irwandi terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) Gubernur Aceh dalam Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA).

“Kami melihat adanya upaya-upaya tertentu yang dilakukan pihak-pihak tertentu dalam kasus yang menimpa Bapak Irwandi Yusuf sebagai bentuk sebuah skenario khusus untuk Aceh,” tulisnya dalam petisi.

Yazir mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengawal proses hukum yang sedang berjalan.

Dalam petisi tersebut, ia juga menyertakan 2 tuntutan utama. Pertama, “Meminta seluru pemangku kepentingan yang ada di Negara Republik Indonesia, baik Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif untuk bersama-sama memantau proses peradilan Bapak Irwandi Yusuf”.

Dalam poin kedua ia menulis “Meminta Majelis Hakim yang mengadili kasus ini untuk memutuskan perkara Bapak Irwandi Yusuf berdasarkan fakta-fakta yang obyektif di persidangan dan memberikan rasa keadilan kepada rakyat Aceh”.

Seperti diketahui, Irwandi sudah menjalani sidang ke 11 pada Senin, 4 Februari 2019 lalu, dengan menghadirkan saksi Steffy Burase dan Teuku Fadhilatul Amri.

Sampai Kamis sore tadi, petisi tersebut telah ditandatangani oleh lebih dari 2.500 orang.[](Jauhar)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.