19 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Di Aceh Timur, Tu Sop Serahkan Dua Rumah untuk Warga Miskin di Julok dan Darul Falah

...

  • portalsatu.com
  • 15 March 2019 10:00 WIB

@Istimewa
@Istimewa

Dua warga miskin di Kabupaten Aceh Timur mendapatkan rumah layak huni gratis dari Barisan Muda Ummat (BMU) Pusat dan Wanita Peduli Ummat (WPU) Malaysia yang dibangun dengan dana gerakan sepuluh ribu dari sejumlah masyarakat Aceh melalui donasi BMU Peduli di Kecamatan Julok dan Darul Falah, Kamis, (14/03/2019), sore.

Seperti diberitakan sebelumnya, BMU dan WPU bekerja sama dengan masyarakat Aceh Malaysia, akan membangun empat rumah bantuan untuk masyarakat miskin di 4 kabupaten/kota di Aceh pada Februari 2019 lalu.

Kunci rumah diserahkan oleh Imam Besar BMU Tgk. H. Muhammad Yusuf A Wahab atau Tu Sop kepada dua warga miskin masing-masing Zulfikar (45) di Gampong Seuneubok Panton Kecamatan Darul Falah Kabupaten Aceh Timur untuk rumah dengan kode BMU 018 pada Rabu,(13/03/2019) kemarin. Sedangkan rumah WPU&BMU 019 diserahkan kepada Abdul Azim (36) warga Gampong Blang Unyok Kecamatan Julok Aceh Timur.

Camat Kecamatan Julok Adnan, S.Ag., didampingi Kapolsek Julok Ipda Ajies dan Danramil Julok diwakili Serda H. Sitompul sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BMU, kegiatan seperti ini akan membantu pemerintah Aceh Timur khususnya pemerintah Kecamatan Julok dalam menurunkan angka kemiskinan, ke depan Muspika Kecamatan Julok akan bekerjasama dengan DPD BMU Aceh Timur.
 
“Pola yang dilakukan BMU sangat tepat, dana dari rakyat untuk rakyat 10.000 Rupiah siapapun sanggup memberikan seperti arahan Tu Sop tadi,” kata Camat Julok. Ia berharap semoga cara ini menjadi solusi Muspika Julok dalam menurunkan angka kemiskinan ke depan. 

Sementara itu Imam Besar BMU Tu Sop yang juga Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) dalam sambutannya menyatakan peradaban sosial Islam telah diajarkan oleh Rasulullah kepada umatnya seperti yang digambarkan Imam Al Ghazali. Ada tiga hal yang disimpulkan Al Ghazali dalam tatanan kehidupan sosial masyarakat Islam.

Pertama, adil, artinya apapun yang kita lakukan harus adil, baik dalam bertani, dagang, menjalankan profesi tidak menzalimi dan merugikan orang lain.

Kedua, ihsan, artinya lakukan berbagai macam kebaikan selain ibadah menjadi amal kita. Baik kepada sesama manusia, hewan maupun lingkungan hidup kita.

Ketiga, syafaqah aladdin, artinya apapun profesi kita, bekerjalah berdasarkan asas agama Islam dengan memasukkan nilai-nilai Islam kedalam profesi kita agar menjadi amal kebaikan dunia dan akhirat dengan kata lain Islam rahmatan lil'alamin.

“Tiga Statement/Had Al Ghazali adalah patron peradaban sosial dalam kehidupan sehari-hari, Aceh hari ini Propinsi termiskin di Sumatera dengan APBD terbanyak, ingin Aceh Bangkit maka lakukan 3 hal ini yang diajarkan oleh Rasulullah kepada Ummatnya,” sebut Tu Sop yang juga Dewan Pembina Kaukus Wartawan Peduli Syar'iat (KWPSI) ini.

Acara penyerahan rumah turut dibantu oleh 15 orang mahasiswa KKN UIN-Raniry di Gampong Blang Unyok yang dibangun khusus oleh masyarakat Aceh Malaysia dengan dana 30.500.000 Rupiah, sedangkan Rumah BMU 018 dibangun dengan dana 28.741.000 Rupiah.[] Rilis

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.