04 June 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Dandim Subulussalam Ingatkan Warga Jangan Bakar Hutan

...

  • SUDIRMAN
  • 13 February 2020 15:30 WIB

SUBULUSSALAM - Komandan Kodim 0118/Subulussalam Letnan Kolonel Inf Winarko, S. Ag., M. Tr (Han) mengajak masyarakat di lima kecamatan dalam wilayah Kota Subulussalam untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Peringatan ini disampaikan Dandim Winarko untuk mengingatkan masyarakat, supaya dalam membuka lahan atau berkebun tidak melakukan pembakaran karena bisa berdampak pada kerusakan lingkungan menimbulkan terjadinya karhutla.

"Kita mengimbau kepada seluruh masyarakat, jangan membakar hutan, mari sama-sama kita mencegah terjadinya karhutla," kata Dandim 0118/Subulussalam, Letnan Kolonel Inf Winarko, S.Ag kepada portalsatu.com, Kamis, 13 Februari 2020.

"Membuka lahan, tidak dengan cara pembakaran. Karena, dengan cara membakar, bisa menimbulkan karhutla dan berdampak pada kerusakan lingkungan sekitar," ungkap Winarko menambahkan.

Dikatakan, beberapa waktu lalu, wilayah Aceh mendapat kiriman kabut asap, termasuk Kota Subulussalam sehingga masyarakat yang beraktivitas di luar rumah terpaksa menggunakan masker. Akibatnya, masyarakat merasakan kontaminasi asap dampak dari karhutla mengganggu kesehatan.

"Untuk menghindari hal tersebut, semua pihak diharapkan harus peduli menjaga ligkungan, dengan tidak melakukan pembakaran hutan, agar tidak terjadi karhutla," sebut Winarko.

Selain itu, Dandim Winarko mengatakan, seluruh koramil di wilayah Pemko Subulussalam juga telah diintruksikan untuk melakukan patroli di daerah yang dianggap rawan terjadinya potensi karhutla. 

Tidaknya hanya patroli, melalui Babinsa, juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengajak mereka agar ikut serta berpartisipasi mencegah terjadinya karhutla. 

Termasuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2014 pasal 108 tentang perkebunan, di mana pelaku dapat diancam hukuman penjara 12 tahun dan denda Rp 10 miliar.

Karena itu, Dandim Winarko meminta masyarakat apa bila menemukan oknum pelaku dengan sengaja membakar hutan dan lahan agar segera melapor instansi terkait, supaya karhutla segera bisa dicegah dan tidak merusak lingkungan.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.