12 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Hujan Deras Beberapa Jam, Begini Kondisi Kebakaran Hutan di Aceh Jaya  

...

  • PORTALSATU
  • 11 March 2020 11:20 WIB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

ACEH JAYA - Petugas gabungan masih berusaha memadamkan api di lokasi kebakaran lahan di  Gampong Lueng Gayo, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya hingga, Rabu, 11 Maret 2020. Meski pun sehari sebelumnya sempat diguyur hujan deras beberapa jam, namun api masih melahap semak belukar dan pepohonan di sana. 

Keuchik Lueng Gayo, Adianto, mengatakan, pihaknya bersama tim gabungan masih berupaya memadamkan api di lokasi kebakaran lahan. Guyuran hujan beberapa jam pada Selasa malam, katanya, hanya sekedar menghilangkan kobaran api yang kemudian menimbulkan asap tebal.

"Jadi sampai hari ini api belum padam, kami masih melakukan pemadaman dengan tim gabungan menggunakan mesin terapung untuk penyiraman," kata Adianto, Keuchik Lueng Gayo, Rabu, 11 Maret 2020.

Menurut Adianto, api sulit dipadamkan karena posisinya berada di bawah permukaan. Akibatnya, sejumlah desa di sekitar lokasi kebakaran lahan mulai diselimuti kabut asap terutama pada malam hari.

Kebakaran lahan di Teunom, Aceh Jaya ini sudah terjadi sejak lima hari lalu da polisi setempat turut mengamankan  tiga warga guna dimintai keterangan. Ketiganya berinisial AD, IZ dan AM. Namun demikian, polisi belum menetapkan mereka menjadi tersangka.

"AD merupakan pemilik lahan, sedangkan dua lainnya pekerja di lahan tersebut," kata Kapolres Aceh Jaya, AKBP Harlan Amir, di lokasi kebakaran, Selasa, 10 Maret 2020.

Adapun luas lahan yang terbakar ini diperkirakan mencapai 10 hektare (ha) dari 30 ha lahan yang dibuka warga untuk perkebunan.[](Kontri MBO/red)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.