12 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Terkait Penanganan Corona, Merah Sakti: Pemerintah Jangan Ragu Mengambil Kebijakan

...

  • SUDIRMAN
  • 29 March 2020 15:10 WIB

Mantan Wali Kota Subulussalam, H. Merah Sakti. Foto: istimewa
Mantan Wali Kota Subulussalam, H. Merah Sakti. Foto: istimewa

SUBULUSSALAM - Penyebaran Coronavirus disease-2019 atau Covid-19 sedang melanda dunia, kini telah mewabah ke Indonesia, bahwa Aceh telah terjangkit virus mematikan itu.

Berbagai daerah, termasuk Kota Subulussalam sedang melakukan upaya percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19 agar tidak mewabah di Bumi Sada Kata.

Mantan Wali Kota Subulussalam dua periode, H. Merah Sakti, S.H., turut menyampaikan masukan kepada pemerintah lewat surat terbuka yang dikirim ke portalsatu.com, Minggu, 29 Maret 2020. 

Merah Sakti meminta Wali Kota Subulussalam agar tidak ragu-ragu dalam mengambil kebijakan terkait penanganan Covid-19 dengan mengutamakan keselamatan masyarakat.

Menurut Merah Sakti, dalam situasi darurat, eksekutif dan legislatif harus bergerak cepat mengambil kebijakan seperti penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) tenaga medis yang kontak langsung dengan pasien terinfeksi virus corona.

Kedua, kata Ketua DPD Partai Golkar Kota Subulussalam itu, virus corona ini memberikan dampak langsung terhadap ekonomi rakyat kecil yang selama ini bekerja serabutan atau harian lepas.

Mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari di tengah situasi daerah sedang melawan corona. Merah Sakti menyarankan pemerintah segera mengambil kebijakan untuk membantu ekonomi masyarakat, agar rakyat tidak sengsara akibat kebutuhan pokok mereka terancam di tengah wabah global ini.

Untuk persoalan dana, menurut Merah Sakti, pemerintah bisa memakai dana tanggap darurat, jika pun tidak cukup, pemko dapat menggeser anggaran untuk penanganan corona seperti proyek 'PL' bisa di-pending, atau minjam uang ke bank. 

Bahkan, dana desa juga bisa digunakan dalam kondisi darurat untuk membantu penanganan virus corona, melalui bantuan sembako kepada warga kurang mampu atau yang terdampak akibat wabah itu.

Selain itu, Merah Sakti juga mengimbau masyarakat supaya mematuhi instruksi pemerintah agar berdiam diri di rumah atau stay at home dan menghindari tempat-tempat keramaian untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Bumi Syekh Hamzah Fansuri ini.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.