15 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Dewan Duga Sejumlah Proyek di Aceh Barat Sudah Ada Pemenang Sebelum Tender

...

  • PORTALSATU
  • 30 March 2020 17:15 WIB

Ilustrasi proyek multiyears pada konferensi pers di Sekrteriat MaTA. Foto: dok portalsatu.com
Ilustrasi proyek multiyears pada konferensi pers di Sekrteriat MaTA. Foto: dok portalsatu.com

MEULABOH - Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat menyoroti proses tender sejumlah proyek tahun anggaran 2020 di kabupaten setempat. Dewan menduga ada proyek yang sudah dimenangkan rekanan tertentu sebelum proses tender dilakukan pihak Unit Layanan Pengadaan (ULP), sehingga dapat merugikan rekanan lainnya.

Atas dugaan tersebut, Senin, 30 Maret 2020, dewan telah memanggil Kepala Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (KUKPBJ) Setdakab Aceh Barat, Kurdi. "Tadi kita sudah panggil pihak ULP untuk dengar pendapat, dan kita menduga banyak proyek-proyek di Aceh Barat yang duluan ada pemenang sebelum tender dilakukan, salah satu contohnya seperti proyek Jembatan Ulee Raket," kata Ramli, S.E, Wakil Ketua DPRK Aceh Barat usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pihak ULP.

Namun, dugaan dewan seperti disampaikan Ramli, dibantah KUKPBJ Setdakab Aceh Barat, Kurdi. Menurut Kurdi, pihaknya tetap melakukan pelelangan terbuka untuk setiap proyek fisik maupun nonfisik di Aceh Barat, kecuali terhadap proyek yang sifatnya penunjukan langsung (PL).

"Proses tender dilakukan secara terbuka di LPSE Aceh Barat. Seluruh proses pengadaan dilakukan sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang ada,” ujar Kurdi kepada portalsatu.com.

Kurdi menambahkan, seluruh kegiatan yang pagunya di atas Rp200 juta, baik barang atau fisik (kecuali konsultan di atas Rp100 juta) wajib ditender. Hal itu sesuai amanah Perpres Nomor 16 Tahun 2018 tentang pengadaan barang jasa pemerintah, dan Permen PUPR No. 7 Tahun 2019. "Jadi sangat tidak benar kalau dewan menduga ada proyek di Aceh Barat yang sudah duluan ada pemenang sebelum tender," tegasnya.[](Azhar)

Editor: Juli Amin

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.