11 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Seekor Gajah Ditemukan Mati di Afdeling III Desa Seumanah Jaya

...

  • portalsatu.com
  • 16 April 2020 14:20 WIB

Bangkai gajah di Seumanah Jaya [Foto: IST]
Bangkai gajah di Seumanah Jaya [Foto: IST]

Tim CRU menduga gajah itu mati karena keracunan, sebab gadingnya masih utuh. Tim dokter hari ini dikirim untuk melakukan pemeriksaan.

IDI—Warga menemukan bangkai seekor gajah di kawasan perkebunan Afdeling III PT Makmur Inti Bersaudara di Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.

Informasi awal tentang adanya gajah mati tersebut diketahui dari Hasbi (40) petani dari Dusun Blang Gadeng, Desa Seumanah Jaya pada Rabu, 15 April 2020 sekitar pukul 14.00 WIB, saat mencari rumput untuk pakan ternaknya.

Hasbi kemudian menginformasikan kepada Bhabinkamtibmas Polsek Ranto Peureulak. Selanjutnya Kapolsek Ranto Peureulak Ipda Wisnu Bramantyo, bersama personilnya dan anggota Koramil Ranto Peureulak, serta Tim Conservation Response Unit (CRU) Aceh Timur bersama warga menuju lokasi temuan bangkai gajah tersebut.

“Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh Tim CRU bahwa gajah yang sudah menjadi bangkai itu berjenis kelamin jantan, berusia sekitar lima tahun, sudah mati sekitar empat hari yang lalu dan gadingnya masih utuh,” jelas Wisnu Bramantyo.

Dugaan sementara, Tim CRU menyebutkan gajah itu mati bukan karena dibunuh untuk diambil gadingnya, melainkan gajah tersebut diduga mati karena sakit atau keracunan.

Hal tersebut lantaran gading yang terdapat pada gajah itu masih utuh,saat ini gading itu sudah diamankan oleh Tim CRU Aceh Timur. Hari ini, Kamis, 16 April 2020 Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh bersama tim dokter akan ke lokasi untuk melakukan nekropsi (pemeriksaan kematian-red) terhadap bangkai gajah tersebut.[rilis]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.