31 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ini Kata IDI Aceh Soal Banyak Tenaga Medis Terpapar Corona

...

  • Fakhrurrazi
  • 04 August 2020 11:55 WIB

Ketua IDI Aceh, Safrizal Rahman (tengah) Foto: dok. portalsatu/Fakhrurrazi
Ketua IDI Aceh, Safrizal Rahman (tengah) Foto: dok. portalsatu/Fakhrurrazi

BANDA ACEH - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh menyebut angka penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) terhadap tenaga kesehatan di Aceh tergolong tinggi. 

Ketua IDI Aceh, Safrizal Rahman, mengatakan puluhan dokter dan perawat di Aceh sudah terkonfirmasi positif Covid-19. "Saat ini sudah mencapai 50 orang, 22 di antaranya dokter dan sisanya perawat," kata Safrizal Rahman saat dikonfirmasi, Selasa, 4 Agustus 2020.

Safrizal mengatakan rata-rata tenaga kesehatan terpapar Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG). Umumnya mereka yang masih kuat dan mampu menjalani isolasi mandiri untuk penyembuhan.

“Akan tetapi, kalau tenaga medis yang terkena tinggi, maka rumah sakitnya kekurangan tenaga, kosong, kasihan pasien, itu problemnya,” ungkap Safrizal.

Safrizal mengaku kasihan melihat banyak tenaga medis di Aceh yang terpapar Covid-19. Bahkan, mirisnya mereka yang telah mengikuti pemeriksaan swab dan belum diketahui hasil apakah negatif atau positif, harus kembali ke rumah sakit lantaran mengemban tanggung jawab.

“Ketika mereka di-swab tetapi belum ada hasil, karena tanggung jawabnya giliran jaga (piket) dia harus kembali ke rumah sakit. Kalau dia tidak jaga kosong perawat di tempat ia bekerja,” ucap Safrizal.[](*)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.