18 July 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


11 negara akan Bahas Pembangunan Palestina di Thailand

...

  • ANADOLU AGENCY
  • 23 June 2018 08:00 WIB

Bangkok, ibukota Thailand. @atom.mu
Bangkok, ibukota Thailand. @atom.mu

Indonesia sudah memberikan 169 program peningkatan kapasitas untuk Palestina

BANGKOK - Thailand akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Menteri Cooperation among East Asian Countries for Palestinian Development (CEAPAD) Ketiga pada 27 Juni 2018 di Bangkok.

Pertemuan ini akan dihadiri oleh 11 Menteri Luar Negeri dari negara-negara Asia Timur dan Timur Tengah antara lain Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Jepang, Mesir, Republik Korea, Singapura, Thailand, Vietnam, Yordania, dan tuan rumah Thailand.

Pertemuan ini juga akan dibuka langsung Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha.

Direktur Kerja Sama Teknik Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Mohammad Syarif Alatas mengatakan pertemuan tingkat menteri ini digelar untuk melakukan koordinasi dan efektifitas pemberian bantuan kepada Palestina dari negara-negara Asia Timur, khususnya dalam bidang peningkatan kapasitas.

“CEAPAD nanti akan menyepakati beberapa program. Kita memiliki rencana kerja 2019-2021 yang akan memuat usulan-usulan program sesuai dengan kebutuhan Palestina,” ujar Syarif dalam press briefing di Jakarta.

Syarif mengatakan, kehadiran Menteri Luar Negeri dalam konferensi ini menegaskan kembali komitmen atas Palestina.

Menurut Syarif, Indonesia selalu aktif dalam program peningkatan kapasitas sejak konferensi CEAPAD pertama kali digelar tahun 2013.

Syarif mengaku ada 169 program peningkatan kapasitas untuk Palestina oleh Indonesia dengan melibatkan 1.589 peserta dari Palesitna dalam berbagai bidang.

“Dari mulai good governance, ekonomi, UKM, micro finance, dan lain sebagainya,” jelas Syarif.

Kini, lanjut Syarif, pemerintah mencanangkan program pemberdayaan perempuan, administrasi pemerintahan, pendidikan dan bantuan beasiswa pada tahun 2019.

CEAPAD diprakarsai Jepang pada 2013 sebagai forum negara-negara Asia Timur dan organisasi internasional untuk mengkoordinasikan berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta kerja sama bantuan dengan Palestina dalam upaya peningkatan pembangunan di negara tersebut.

Dalam hal ini, CEAPAD dianggap telah memainkan peran yang bermanfaat dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk mencapai perdamaian abadi di Palestina dalam kerangka solusi dua negara.[]Sumber:anadolu agency

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.