15 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


12 Juni, Erdogan Resmikan Saluran Pipa Gas Asia-Eropa di Turki Tengah

...

  • ANADOLU AGENCY
  • 11 June 2018 15:00 WIB

Jalur saluran pipa Trans Anatolian Natural Gas Pipeline atau Saluran Pipa Gas Alam Trans Anatolian (TANAP). @en.apa.az
Jalur saluran pipa Trans Anatolian Natural Gas Pipeline atau Saluran Pipa Gas Alam Trans Anatolian (TANAP). @en.apa.az

ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan meresmikan Trans Anatolian Natural Gas Pipeline atau Saluran Pipa Gas Alam Trans Anatolian (TANAP) pada 12 Juni di Turki Tengah.

"Upacara pembukaan TANAP akan dilangsungkan di Eskisehir pada 12 Juni 2018 di bawah naungan Presiden," kata pernyataan resmi dari pers kepresidenan, Minggu.

Upacara pembukaan akan menghadirkan pejabat pemerintahan dan negara, menteri energi, pejabat tinggi dari perusahaan energi, dan birokrat senior dari pemegang saham serta negara tetangga, ungkap pernyataan resmi itu.

Proyek TANAP bertujuan mengangkut gas alam yang dihasilkan tambang gas Azerbaijan Shah Deniz-2 di Laut Kaspia dan di sebelah selatan Laut Kaspia yang diangkut ke Turki lalu ke Eropa.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kerjasama regional antara Turki, Azerbaijan, dan Georgia, pernyataan resmi kepresidenan mengatakan bahwa negara-negara itu telah terlibat dalam proyek besar pada beberapa tahun terakhir yang akan mengintegrasikan Cekungan Kaspia dengan dunia.

TANAP, yang memakai investasi sekitar USD 8,5 miliar, akan mengangkut enam miliar kubik meter gas Azeri ke Turki dan sebanyak sepuluh miliar kubik meter gas akan diangkut ke Eropa tiap tahunnya.

Bagian proyek yang menargetkan Eropa ditargetkan mulai beroperasi pada 2020.[]Sumber:anadolu agency

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.