20 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


150 Anggota Karang Taruna Ini Dilatih Pembuatan Cincin Sumur

...

  • PORTALSATU
  • 26 September 2018 21:30 WIB

@istimewa
@istimewa

LHOKSEUMAWE - Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Lautan Ilmu menggelar pelatihan pembuatan cincin sumur bagi 150 anggota Karang Taruna Blang Cut di Gampong Blang Cut, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe.

Pengelola PKBM Lautan Ilmu, Resyi Azhari, Rabu, 26 September 2018, mengatakan kegiatan menggunakan dana desa ini hasil kerja sama dengan pemerintah Gampong Blang Cut untuk pemberdayaan masyarakat khususnya pemuda.

"Pelatihan selama delapan hari, 15 persen teori dan 85 persen praktik, dengan hasil 20 cincin sumur setiap harinya. Karena jumlah peserta banyak, harus dilakukan giliran praktek 20 peserta perhari, masing-masing peserta harus menghasilkan satu produk,” ujar Resyi.

Resyi menyebutkan, pekerjaan kerja sama dibebankan kepada PKBM dalam hal manajamen administrasi, penyediaan tutor, dan penilaian terhadap peserta. Setelah kegiatan berakhir, kata dia, pihaknya akan memberi laporan kepada karang taruna nama-nama peserta yang benar-benar menguasai pembelajaran untuk pemberdayaan selanjutnya.

Ketua Karang Taruna Blang Cut, Murida, beharap setelah mengikuti pelatihan ini anggota karang taruna memiliki keterampilan membuat cicin sumur, sehingga menjadi lahan pekerjaan untuk meningkatkan perekonomian yang bersangkutan dan bisa menambah kas organisasi.

“Setelah kegiatan ini berakhir kami akan mengupayakan menyelenggarakan pelatihan yang lain, sehingga semua pemuda anggota karang tidak ada lagi yang menganggur," ujar Murida.

Keuchik Gampong Blang Cut, Nurdin, mengatakan, kegiatan pemberdayaan ini sekaligus dipadukan dengan program "zero WC terbang". Pasalnya, masih ada warga yang belum mempunyai WC di rumahnya. “Saya sudah minta kepala dusun masing-masing untuk mendata warganya yang belum mempunyai WC dan penampung air dari kamar mandi, sehingga nantinya tidak ada lagi air tergenang di parit,” katanya.[](rel)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.