16 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


1.879 Pengawas TPS 27 Kecamatan di Aceh Utara Dilantik

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 26 March 2019 08:30 WIB

@Istimewa
@Istimewa

LHOKSUKON - Sebanyak 1.879 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2019 meliputi 852 yang tersebar di 27 kecamatan dilantik, Senin, 25 Maret 2019. Mereka dilantik oleh para komisioner dan sekretariat Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwaslihcam) masing-masing.

Ketua Panwaslih Aceh Utara, Yusriadi SE menyebutkan, para Pengawas TPS yang sudah dilantik itu akan bertugas 23 hari sebelum hari 'H' dan 7 hari setelah hari 'H'. Pengawas TPS diharapkan benar-benar bersikap netral dan mengedepankan sikap profesional dalam bertugas sebagai pengawas.

"PTPS harus netral, profesional, mengerti wewenang, tugas dan tanggung jawab mereka sebagai pengawas. PTPS mengawasi proses pemungutan dan penghitungan suara dengan penuh rasa tanggung jawab, berpegang teguh pada sumpah dan janji jabatan," kata Yusriadi.

Yusriadi mengatakan, dengan mengedepankan sikap profesional dan netralitas serta tanggung jawab tersebut, maka akan menciptakan hasil Pemilu yang berkualitas dan berintegritas bagi peningkatan demokrasi di Aceh Utara.

"Sesuai dengan aturan, PTPS mengawasi persiapan pemungutan suara, mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, mengawasi persiapan penghitungan suara, mengawasi pelaksanaan penghitungan suara dan pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS," ucap Yusriadi.

Sementara menyangkut wewenang, lanjutnya, "PTPS berhak menyampaikan keberatan dalam hal yang ditemukannya dugaan pelanggaran, kesalahan atau penyimpanan administrasi pemungutan dan penghitungan suara. Berwenang menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan penghitungan suara serta melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," tutup Yusriadi.

Ketua Panwaslih Kecamatan Tanah Jambo Aye, Iskandar S.S, saat ditemui wartawan mengatakan bahwa kegiatan pelantikan PTPS itu selesai dengan tertib hari ini.

"Alhamdulillah pelantikan selesai hari ini. Besok, Selasa (26/3), kita akan melaksanakan pemberian bimbingan teknis kepada PTPS dan berlangsung hingga Kamis (28/3). PTPS yang kita lantik di kecamatan ini ada 130 orang, sesuai dengan kuota kebutuhan," kata Iskandar.[] rilis

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.