24 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


19 Terpidana Dihukum Cambuk

...

  • Rino
  • 20 September 2018 19:05 WIB

Terpidana pelanggar qanun syariat Islam dieksekusi cambuk di halaman Masjid Agung Baitul Makmur, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, 20 September 2018. @portalsatu.com/Rino Abonita
Terpidana pelanggar qanun syariat Islam dieksekusi cambuk di halaman Masjid Agung Baitul Makmur, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, 20 September 2018. @portalsatu.com/Rino Abonita

ACEH BARAT - Sebanyak 19 terpidana pelanggar syariat Islam dieksekusi cambuk di halaman Masjid Agung Baitul Makmur, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Kamis, 20 September 2018.

Mereka terbukti melanggar Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat, berdasarkan putusan Mahkamah Syariah (MS) Aceh Barat. 

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Barat, Ahmad Syahrudin, S.H., M.H., mengatakan, sebelumnya, para terhukum berjumlah 40 orang termasuk sisa tahun lalu. Namun, yang hadir hanya 22 orang. Dari 22 terpidana, hanya 19 orang mencukupi syarat untuk dieksekusi cambuk. 

"Rencananya proses hukuman cambuk untuk 40 orang namun yang lain tidak diketahui keberadaannya. Jadi kita lakukan eksekusi dulu untuk yang sudah ada ini. Sisanya akan dilaksanakan uqubat cambuk tahap selanjutnya," ujar Ahmad, Kamis. 

Dia menyebutkan, sebagian terpidana tersebut ada yang dijemput, ada pula yang menyerahkan diri. Selain itu, terdapat terpidana yang sedang menjalani masa kurungan penjara sehingga jumlah cambukan disesuaikan dengan sisa hukumannya.

Para terpidana terbagi atas pelaku perkara maisir atau judi, khamar atau minuman keras serta zina. Mereka mendapat lima hingga 100 kali cambukan. 

Saat proses eksekusi, satu terpidana kasus zina berinisial M dicambuk, ia mengeluh kesakitan saat cambukan ke-17. M tidak sanggup menahan pukulan cambuk dari algojo yang menggunakan rotan. 

Sementara itu, terdapat satu terpidana lain yang dinyatakan pihak medis tidak cukup syarat. Kondisi fisik yang bersangkutan kurang sehat.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.