05 June 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia

Cegah Covid-19
21 Warga Filipina Dilarang Merapat ke Perairan Aceh Barat

...

  • portalsatu.com
  • 02 April 2020 13:12 WIB

Kepala Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh, Azhar [Foto: IST]
Kepala Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh, Azhar [Foto: IST]

Mereka hanya boleh berdiam diri di laut, tidak boleh turun ke darat, kalau ada keperluan logistik atau pengadminstrasian kapal, maka petugas terkait yang akan ke kapal.

MEULABOH -- Sebanyak 21 orang warga negara Filipina yang akan mengangkut batu bara, tidak diperbolehkan merapat ke daratan Aceh Barat, mereka harus bertahan di laut untuk mencegah penyebaran Coronavirus Disease-2019 (Covid-19).

Kepala Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh, Azhar, Kamis, 2 April 2020 mengungkapkan, meski Covid-19 telah mewabah di berbagai negara, tapi proses pengangkutan jalur laut di Kabupaten Aceh Barat tidak mengalami kendala.

“Mereka hanya awak alat angkut yang sedang menunggu muatan batu bara milik sebauah perusahaan pertambangan. Mereka hanya boleh berdiam diri di laut, tidak boleh turun ke darat, kalau ada keperluan logistik atau pengadminstrasian kapal, maka petugas terkait yang akan ke kapal,  tentu sebelumnya harus dipastikan dulu bahwa semua awak alat angkut itu tidak terinfeksi corona,” jelas Azhar.

Mereka akan berada di laut diperkirakan sekitar satu pekan, dan keberadaannya selalu dalam pantauan pihak terkait. Kapal pengangkut batu bara tersebut, saat ini sedang menunggu muatan batu bara yang diangkut dengan kapal kecil oleh sejumlah pekerja lokal.

“Kami tidak beriteraksi langsung dengan mereka di dalam kapal, mereka berada di dalam kamar sementara kami di luar, saat ini kami sama-sama takut,” ujar Amiruddin, seorang pemilik perusahaan rekanan pengangkut batu bara di laut.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Barat,Thalea Naldi, mengatakan akan memanggil pihak vendor untuk mempertanyakan tentang keberadaan tenaga lokal dan cara bekerja selama covid-19 menjadi pandemi dunia.[Kontri MBO/Azhar]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.