20 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


2.114 Napi di Aceh Dapat Remisi HUT ke-73 Kemerdekaan RI

...

  • Fazil
  • 17 August 2018 18:00 WIB

@Fazil/Portalsatu.com
@Fazil/Portalsatu.com

BANDA ACEH - Sebanyak 2.114 narapidana di Aceh mendapat remisi pada HUT ke-73 Kemerdekaan RI. Narapidana yang mendapat remisi itu merupakan kasusnya bervariasi, dan sebagian besar kasus narkoban.

Pemberian remisi secara simbolik dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Aceh, Agus Toyib, Bc.IP., S.H., M.H., mewakili Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, yang diberikan kepada 19 narapidana dinyatakan bebas karena menerima remisi, di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Banda Aceh, Jumat, 17 Agustus 2018, sore.

Pada kesempatan itu juga turut hadir Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Teuku Abdul Hafil Fuddin, Wakapolda Aceh, Brigjen Pol. Spriyanto Tarah, dan sejumlah pihak lainnya.

"Untuk tahun ini sebanyak 2.114 narapida mendapat remisi di seluruh Aceh, akan tetapi itu kasusnya bervariasi dan sebagian besar kasus narkoban," kata Kakanwil Kemenkumham) Aceh, Agus Toyib, kepada para wartawan, usai memberi remisi, di LP Kelas IIA Banda Aceh.

Masa remisi itu diberikan kepada narapidana ada satu hingga enam bulan, lanjut Agus, namun ada 19 orang narapidana dinyatakan bebas karena menerima remisi HUT RI tersebut.

"Tujuan memberikan remisi ini tentunya dalam rangka memberikan penghargaan untuk warga binaan kita yang berkelakuan baik, dan memenuhi persyaratan," ujar Agus Toyib.

Karena mereka (narapidana) selama di dalam Lapas, kata Agus, bisa kembali menyadarkan diri bisa menjadi warga yang baik, sehingga nanti ketika mereka kembali ke masyarakat bisa menjadi masyarakat yang baik pula.

Selain itu, Agus menyebutkan, bagi narapidana korupsi sebagian juga mendapat remisi, seperti di Lapas Lhokseumawe ada dua orang, Rutan Banda Aceh dua orang, dan Lapas Banda Aceh empat orang. "Ini belum bebas, kasus korupsi yang mendapat remisi," ungkap Agus Toyib.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.