15 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia

Bimtek Geuchik Aceh Utara dengan Peng Gampong
22 Juli, Giliran Geuchik dari Kecamatan Ini Terbang ke Lombok

...

  • Fazil
  • 15 July 2018 19:30 WIB

ilustrasi - bimtek kades. @fajar.co.id
ilustrasi - bimtek kades. @fajar.co.id

ACEH UTARA - Puluhan geuchik di Kecamatan Kuta Makmur, Nisam, Samudera, dan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara, direncanakan akan berangkat ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), untuk mengikuti bimbingan teknis (bimtek), Minggu, 22 Juli 2018 mendatang.

Sedangkan untuk gelombang pertama para geuchik yang sudah berada di Lombok saat ini di antaranya dari Kecamatan Lhoksukon dan Langkahan. Mereka studi banding atau bimtek menggunakan dana APBG alias peng gampong masing-masing desa tahun 2018.

Geuchik Gampong Pulo Iboih, Kecamatan Kuta Makmur, Abdullah, mengatakan, berdasarkan surat yang diterimanya bimtek itu diselenggarakan oleh pihak Kementerian Desa (Kemendes). Kata dia, jika tidak salah agenda bimtek tersebut akan berlangsung pada 22-26 Juli 2018.

"Kalau di Kuta Makmur keseluruhannya ada 39 gampong. Namun saya tidak bisa memastikan apakah semua gampong akan ikut bimtek atau tidak. Sebelumnya kita juga ada rapat dengan pihak Muspika perihal keberangkatan untuk bimtek. Untuk gampong saya cuma satu orang yang akan berangkat, yaitu saya sendiri," kata Abdullah, kepada portalsatu.com, Minggu, 15 Juli 2018.

Abdullah menyebutkan, sesuai agenda ke Lombok untuk mengikuti bimtek aparatur gampong. Untuk biaya perjalanan menggunakan dana APBG tahun 2018. Namun, ia belum bisa merincikan secara jelas berapa dana yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut, karena harus musyawarah terlebih dahulu dengan masyarakat di gampong.

"Memang sebelumnya saya juga pernah berkunjung ke Yogyakarta (tahun lalu) dengan agenda yang sama yaitu bimtek, dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintahan di gampong. Pengalamanan sebelumnya, selain mengikuti pelatihan formal, juga dapat mengunjungi ke tempat-tempat (desa) yang sudah berhasil dalam hal pengelolaan potensi gampong tersebut, sehingga dapat kita terapkan saat kembali ke daerah kita masing-masing walau tidak sepenuhnya maksimal," ujar Abdullah.

Menurut Abdullah, ada hal lainnya yang bisa dikembangkan berdasarkan potensi di gampong masing-masing. Misalnya, di Gampong Pulo Iboih, pihaknya selama ini sudah mengembangkan sektor pertanian khususnya dalam peningkatan kapastitas bibit padi untuk persawahan warga setempat. Pihaknya juga bekerja sama dengan Universitas Malikussaleh (Unimal) untuk meningkatkan kualitas bibit padi, sehingga warga dapat memperoleh bibit berkualitas baik dari hasil pengolaan itu setiap musim tanam padi. 

"Artinya dari bimtek tersebut kita dapat mencerna bagaimana tata kelola dengan baik dalam hal meningkatkan potensi yang ada di daerah. Karena ikut bimtek itu berdasarkan Perbup (Aceh Utara) No. 43 Tahun 2017 tentang Pemerintahan Gampong," ujar Abdullah.

Geuchik Gampong Peunayan, Kecamatan Nisam, Ishak, menyebutkan, juga mengakui sesuai jadwal, 22 Juli 2018, pihaknya akan berangkat ke Lombok, NTB, untuk ikut bimtek. 

"Tetapi saya belum bisa pastikan berapa orang yang akan berangkat ke sana (Lombok) nantinya, karena kita belum melakukan rapat internal di gampong dalam hal penyesuaian berapa jumlah anggaran atau biaya untuk keperluan bimtek tersebut," ujar Ishak.

Menurut Ishak, dalam hal keberangkatan untuk ikut bimtek itu geuchik atau aparatur gampong harus musyawarah terlebih dahulu dengan masyarakat. Kata dia, jika ada persetujuan masyarakat maka tidak ada masalah. 

"Karena tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas kinerja aparatur. Kita juga berbuat dalam pembenahan di tingkat gampong, khususnya dari segi pengembangan bidang pertanian baik di persawahan maupun perkebunan sawit sesuai potensi atau lokasi keberadaan kita. Selain itu, juga pengelolaan pupuk untuk petani serta bibit padi yang berkualitas," kata Ishak.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.