09 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia

Dampak Pergeseran Anggaran untuk Covid-19
30 PTTK Rumah Sakit Muhammad Ali Kasim Gayo Lues Diberhentikan

...

  • Win Porang
  • 29 July 2020 14:15 WIB

 Dokter Mutia, Direktur RS Muhammad Ali Kasim. Foto: Istimewa
Dokter Mutia, Direktur RS Muhammad Ali Kasim. Foto: Istimewa

BLANGKEJEREN - Sebagian Pegawai Tidak Tetap Kabupaten (PTTK) Rumah Sakit Muhammad Ali Kasim Gayo Lues diberhentikan di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya, anggaran gaji mereka tidak tertampung lagi di dalam Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) rumah sakit pelat merah itu lantaran sudah dialihkan/digeser untuk penanganan Covid-19.

Direktur RS Muhammad Ali Kasim Gayo Lues, dr. Mutia, ditemui di depan Gedung DPRK, Rabu, 29 Juli 2020, mengatakan PTTK yang diberhentikan sementara itu adalah petugas administrasi, bukan menyangkut pelayanan umum.

"Rencana awal yang akan diberhentikan 50 orang PTTK dari jumlah sekitar 82 PTTK. Tetapi setelah diseleksi, yang diberhentikan hanya 30 orang petugas ADM, dan 20 di antaranya masih tetap bekerja, itupun gajinya tidak tertampung di DPA," kata Mutia.

Menurut Mutia, RS Muhammad Ali Kasim memberhentikan 30 PTTK akibat adanya pergeseran anggaran dari rumah sakit untuk penanganan wabah Covid-19. “Pemangkasan anggaran itu terjadi dua kali di tahun 2020 ini hingga mau tidak mau terpaksa sebagian PTTK diberhentikan”.

"24,95 persen pagu yang dipangkas. Sebelumnya lebih banyak pemangkasan tapi gaji honor PTTK sudah ditambahkan, makanya jadi 24,95 persen. Ada juga belanja barang dan jasa dipangkas, kemudian ditambahkan belanja honor," ungkap Mutia.

Mutia menambahkan, pada perubahan anggaran tahun 2020 ini, Rumah Sakit Muhammad Ali Kasim akan memperjuangkan kembali agar gaji 20 PTTK yang masih bekerja agar tertampung. Selain itu, kembali menambah biaya gaji untuk 30 orang yang diberhentikan sebelumnya.

"Kami akan mengusulkan lagi saat sidang perubahan anggaran nantinya. Kalau memang disetujui, maka 30 orang yang sudah diberhentikan ini akan dipanggil lagi, tetapi kalau tidak disetujui, maka kami akan memanggil lagi 30 PTTK yang sudah diberhentikan ini di awal tahun 2021. Yang jelas kami belum menerima PTTK yang baru, kami mengutamakan yang diberhentikan ini," ujar Mutia.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.