01 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


4 Dokter Spesialis RSUD Teungku Chik Di Tiro Sigli Positif Covid-19

...

  • ZAMAH SARI
  • 12 August 2020 17:02 WIB

Direktur RSUD Teungku Chik Di Tiro, dr Muhammad Yasir bersama Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan, dr. Ikhsan dalam jumpa pers, Rabu, 12 Agustus 2020 [Foto: Zamah Sari]
Direktur RSUD Teungku Chik Di Tiro, dr Muhammad Yasir bersama Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan, dr. Ikhsan dalam jumpa pers, Rabu, 12 Agustus 2020 [Foto: Zamah Sari]

Tiga dokter diketahui positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab dari Laboratorium Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, setelah meninggalnya Kadis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pidie.

SIGLI – Sebanyak 4 orang dokter spesialis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teungku Chik Di Tiro, Sigli, Kabupaten Pidie dinyatakan positif terinfeksi coronavirus disease 2019 (Covid-19). Hal itu diketahui setelah dilakukan uji swab terhadap 112 tenaga medis di rumah sakit tersebut.

Direktur RSUD Teungku Chik Di Tiro, dr Muhammad Yasir bersama Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan, dr. Ikhsan dalam jumpa pers, Rabu, 12 Agustus 2020 mengungkapkan, dari 4 dokter spesialis itu, satu diantaranya merupakan kasus sebelum Idul Adha. Kala itu yang bersangkutan baru balik dari Banda Aceh dan saat dilakukan rapid test ternyata reaktif sehingga dilakukan uji swab dan hasilnya ternyata positif.

"Kita sudah melakukan uji swab terhadap 112 tenaga medis selama ini. 4 orang dokter sudah keluar hasil swab-nya positif. Sedangkan sisanya sudah kita kirim ke gugus tugas Covid-19 Aceh, belum keluar hasilnya,"  ungkap Muhammad Yasir bersama Ikhsan.

Masih menurut keduanya, tiga dokter lainnya diketahui positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab dari Laboratorium Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, setelah  meninggalnya Kadis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pidie,  Jumat, pekan lalu. “Ketiga dokter ini dilacak karena berhubungan atau kontak lansung langsung dengan almarhum, " jelas Ikhsan.

Setelah kasus itu mencuat, pihak manajemen RSUD Tgk Chik Di Tiro sudah melakukan tracking terhadap 109 staf rumah sakit plat merah tersebut, serta mengakukan pengambilan swab nasofaring dan orofaring. Hasil swab RT-PCR yang sudah terkonfirmasi 3 orang dengan hasil positif. Sedangkan sisanya masih belum terkonfirmasi.

"Bagi 3 karyawan yang positif saat ini sedang menjalani isolasi mandiri selama 10 hari. Sedang karyawan yang dilacak ada kontak langsung dengan pasien meninggal sudah diintruksikan isolasi mandiri selama 14 hari sebanyak 43 orang," tambahnya.

Cepatnya diketahui hasil tiga dokter itu menurut karena spesimen dikirim ke Unsyiah. Sedangkan spesimen petugas lain dikirim ke Balitbangkes Aceh melalui tim gugus tugas Covid-19 Aceh. Hasilnya masih belum diketahui hingga saat ini.

Meski ada tenaga yang positif,  pihak manajemen RSUD Teungku Chik Di Tiro tetap memberi layanan kepada pasien umum yang berobat, namun peningkatan penerapan protokoler kesehatan terus dilakukan dengan sangat ketat.[] 

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.