19 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia

Operasi Zebra Berakhir
500 Pelanggar Kena Tilang di Aceh Utara

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 12 November 2018 22:00 WIB

Pengendara yang melanggar terjaring razia diberi surat tilang, 10 November 2018. Foto: dok portalsatu.com/Cut Islamanda
Pengendara yang melanggar terjaring razia diberi surat tilang, 10 November 2018. Foto: dok portalsatu.com/Cut Islamanda

LHOKSUKON - Sebanyak 500-an pengendara yang tidak mematuhi aturan berlalu lintas di jalan raya ditilang oleh Satuan Lalu Lintas Polres Aceh Utara. Data itu merupakan jumlah pelanggar yang terjaring razia Operasi Zebra Rencong sejak 30 Oktober hingga 12 November 2018.

Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kasat Lantas Iptu Sandy Titah Nugraha kepada portalsatu.com, Senin, 12 November 2018, menyebutkan, jumlah pelanggar itu menurun jika dibandingkan pada pelaksanaan Operasi Zebra 2017 lalu. 

"Dari jumlah keseluruhan sekitar 500 pelanggar, rata-rata didominasi pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm, sedangkan pengemudi mobil rata-rata ditilang karena tidak memakai sabuk pengaman. Namun ada juga yang ditilang karena melawan arus, tidak memiliki atau tidak membawa SIM dan STNK, dan beberapa pelanggaran lainnya," ujar Sandy. 

Untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas, kata Sandy, pihaknya telah melakukan beragam cara dalam mengedukasi masyarakat agar tetap taat berllalu lintas. Termasuk melakukan sosialisasi, imbauan-imbauan dan lainnya. 

"Kita mengimbau kepada masyarakat saat berkendara untuk mematuhi aturan tata tertib berlalu lintas. Memakai helm dan sabuk pengaman itu bukan untuk polisi atau agar tidak kena tilang, melainkan untuk keselamatan diri sendiri. Apabila terjadi kecelakaan, helm dan sabuk pengaman akan mengurangi risiko yang fatal. Selain itu, saat berkendara juga harus membawa kelengkapan dokumen, mulai dari SIM hingga STNK," pungkas Iptu Sandy.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.