01 June 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


6 Makanan Penyebab Timbulnya GERD, Patut Dihindari

...

  • DREAM
  • 20 May 2020 20:30 WIB

@Shutterstock/Dasha Petrenko
@Shutterstock/Dasha Petrenko

GERD (gastroesophageal reflux disease) merupakan gangguan pencernaan yang disebabkan melemahnya katup atau sfingter yang terletak di kerongkongan bagian bawah.

Akibatnya, makanan atau minuman yang masuk ke lambung dapat naik lagi ke kerongkongan. Jika dibiarkan, lapisan kerongkongan akan mengalami iritasi hingga peradangan dan lama kelamaan menjadi lemah.

Normalnya, semua orang akan memproduksi cairan asam dalam lambung. Dalam kondisi tertentu, asam lambung dapat diproduksi lebih banyak dari biasanya. Misalnya setelah makan. Namun hal ini jika terjadi berulang kali akan menyebabkan GERD.

Penyakit GERD biasanya dicirikan dengan, kondiisi naiknya asam lambung dan menyebabkan sensasi perih atau panas terbakar di dada dan ulu hati.

Kedua gejala ini biasanya akan semakin memburuk saat penderita membungkuk, berbaring, maupun setelah makan.

Jika merasakan gejala itu, ada baiknya menemui dokter untuk berkonsultasi dan diberikan obat.

Selain itu, menjaga pola hidup sehat perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya GERD. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang perlu dihindari agar tidak terkena penyakit GERD.

Makanan yang Perlu Dihindari

Bagi penderita maag maupun GERD naiknya asam lambung dapat menyebabkan mulut terasa pahit atau asam. Hal ini pun bisa berlangsung dalam hitungan menit bahkan jam.

Rasa nyeri pada ulu hati juga dapat timbul. Untuk ini ada baiknya menjaga pola hidup sehat dengan makanan yang bergizi dan menghindari berbagai makanan yang menyebabkan naiknya asam lambung.

Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari penderita GERD yaitu:

    Gorengan, kandungan lemak yang tinggi dalam berbagai jenis makanan yang digoreng dapat menyebabkan asam lambung naik. Kandungan lemaknya yang tinggi dapat menyebabkan refluks asam lambung ke kerongkongan.
    Makanan Pedas, jenis makanan ini akan membuat perut terasa mulas dan menyebabkan sensasi terbakar pada bagian dada. 
    Coklat, kandungan lemak yang tinggi dapat membuat GERD muncul. Kandungan theobromine dan kafein pada cokelat juga menyebabkan refluks. Jika kamu terbiasa makan coklat, kamu bisa memilih dark coklat sebagai alternatif. Namun alangkah lebih baik sementara menghindari makanan ini untuk menjaga kesehatan. 
    Buah Asam, asam merupakan salah satu pemicu timbulnya GERD pada seseorang. Kandungan asam bisa menyebabkan rasa mulas yang terasa seperti terbakar. Untuk itu ada baiknya menghindari buah dengan rasa asam.
    Daging Berlemak, akan merangsang produksi asam lambung. Namun jika kamu masih ingin mengonsumsi daging, kamu bisa memilih jenis daging tanpa lemak, seperti daging khas dalam dan mengkonsumsinya hanya satu kali seminggu, untuk mengurangi risiko naiknya asam lambung.
    Produk Susu juga bisa menyebabkan GERD pada seseorang. Susu memiliki kandungan lemak tinggi yang tidak baik bagi penderita GERD. Sebagai alternatif, pilihlah susu rendah lemak dan gunakan secukupnya saja.  

Perbanyak Sayur dan Buah

Sebagai penderita GERD, tentu kamu akan kesulitan menghindari makanan enak yang telah disebutkan tadi. Namun, hal ini tetap perlu diperhatikan demi menjaga kesehatan diri.

Nah, untuk lebih menjaga kondisi tubuh, ada baiknya penderita GERD mengkonsumsi makanan ini:

    Sayuran, sayuran memang merupakan bahan makanan yang sehat dan rendah lemak. Sayuran ternyata dapat mengurangi asam lambung juga lho. Ada berbagai jenis sayuran yang bisa kamu konsumsi, seperti brokoli, mentimun, kembang kol, dan sayuran berwarna hijau lainnya.
    Oatmeal, makanan yang terbuat dari gandum utuh kaya akan serat yang baik bagi tubuh. Oatmeal pun dapat menyerap asam sehingga mengurangi gejala refluks. Kamu bisa mengonsumsi oatmeal untuk sarapan pagi dicampur dengan buah-buahan segar.
    Jahe memang sudah lama dikenal sebagai jenis rempah yang memiliki banyak manfaat. Sifat antiradang alaminya dapat mengurangi rasa nyeri akibat peradangan di dalam lambung. Kamu bisa mencampurkan beberapa iris jahe pada rebusan minuman untuk membuat perut lebih nyaman. 
    Putih telur dapat menurunkan risiko naiknya asam lambung dan mencegah nyeri ulu hati. Putih telur juga rendah lemak jadi baik untuk penderita GERD.
    Makanan Lemak sehat, seperti alpukat, kacang kenari, minyak wijen, dan minyak zaitun.[]Sumber:alodokter/dream

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.