09 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


73 Rumah di Sultan Daulat Terendam Banjir, Pemko Subulussalam Dirikan Dapur Umum

...

  • SUDIRMAN
  • 28 July 2020 14:20 WIB

Foto: Sudirman/portalsatu.com
Foto: Sudirman/portalsatu.com

SUBULUSSALAM - Puluhan rumah masyarakat di Desa Namo Buaya dan Singgersing, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam terendam banjir akibat meluapnya Sungai (Lae) Souraya ke permukiman penduduk sekitar sejak kemarin sore.

Selain merendam permukiman warga, banjir juga merendam badan jalan di sejumlah titik, namun lokasi yang terparah berada di Dusun Rikit, Desa Namo Buaya ketinggian banjir diperkirakan mencapai satu meter di atas badan jalan. Panjang ruas jalan yang terendam banjir sekitar 200 meter.

Pemerintah Kota Subulussalam melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah mendirikan dapur umum di lokasi titik terparah banjir di Dusun Rikit, Desa Namo Buaya. Paket bantuan logistik juga terlihat sudah standby di lokasi dapur umum untuk diberikan kepada korban banjir.

Wali Kota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang terlihat masih berada di lokasi dapur umum didampingi istrinya, Hj. Mariani Harahap menemui korban banjir untuk menyemangati mereka agar tabah menghadapi cobaan bencana alam musibah banjir.

Pemerintah Kota Subulussalam, kata Affan Akan Bintang, hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu meringankan beban masyarakat, korban banjir yang tidak bisa tinggal di rumah karena terendam banjir sejak pukul 05:00 WIB pagi tadi.

 "Dapur umum sudah ada, nanti masyarakat korban banjir sama-sama kita makan di sini," kata Bintang kepada awak media di sela-sela memantau kondisi banjir di Namo Buaya.

Hingga saat ini kondisi banjir sudah mulai surut namun debit air di atas badan Jalan Nasional tepatnya di Rikit masih sangat deras, sehingga pihak kepolisian melalui Sat Lantas belum mengizinkan mobil berukuran kecil melewati arus banjir.

"Kepada para pengendara mohon patuhi imbauan, jangan melewati arus banjir karena debit air masih deras. Ini untuk mobil besar saja yang baru bisa lewat," kata Kapolres Qori Wicaksono.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.