12 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


90 Ribu Masjid di Saudi Kembali Dibuka, Warga Berduyun Salat Berjamaah

...

  • portalsatu.com
  • 01 June 2020 11:00 WIB

@Reuters
@Reuters

Sekira 90.000 masjid di sebagian besar wilayah Arab Saudi kembali dibuka untuk pertama kalinya dalam dua bulan setelah kerajaan melonggarkan penguncian Covid-19. Warga Arab Saudi tidak membuang waktu untuk segera memenuhi masjid-masjid untuk melakukan sholat berjamaah.

"Para jamaah bergegas ke rumah Allah untuk melakukan tugas wajib mereka (doa) setelah pembukaan kembali masjid," kata Kementerian Urusan Islam Arab Saudi di Twitter.

Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan panduan yang harus diikuti para jamaah untuk mencegah penyebaran virus corona. Para jamaah diwajibkan untuk menjaga jarak dua meter di antara shaf, kenakan masker wajah dan untuk membawa sajadah sendiri.

Masjid dibersihkan dan disterilkan oleh otoritas lokal, termasuk Quran dan alas Quran. Kewaspadaan juga telah diambil ketika membuka pintu dan jendela selama waktu sholat dan ketika jamaah memasuki masjid.

Masjid akan dibuka 15 menit sebelum sholat dan akan ditutup 10 menit setelah sholat.

"Perasaan saya tidak bisa dilukiskan. Kami sangat bahagia. Syukurlah kami kembali ke rumah (Nya)," kata Abdulrahman (45) mengatakan kepada kantor berita AFP di Masjid Al-Rajhi.

"Semua tindakan pencegahan telah dilakukan di sini."

Namun, beberapa orang mengeluh ke media sosial mengungkapkan bahwa beberapa masjid tidak mengikuti aturan-aturan tersebut.

"Saya sholat, Alhamdulillah, di lingkungan masjid... dan itu adalah perasaan yang indah," kata seorang pengguna Twitter.

"Tapi saya bersumpah pada Allah bahwa beberapa orang tidak peduli tentang apa pun. Tanpa masker wajah. Tanpa karpet."

Pihak berwenang Saudi mengatakan awal bulan ini bahwa pembatasan akan dicabut dalam tiga tahap, yang berpuncak pada jam malam yang berakhir pada 21 Juni, dengan pengecualian kota suci Makkah.

Ziarah Haji dan Umrah, yang menarik jutaan Muslim dari seluruh dunia, tetap ditangguhkan.

Negara berpenduduk 30 juta jiwa itu melaporkan lebih dari 83.300 infeksi dan 480 kematian akibat penyakit itu, tertinggi di antara tujuh negara Teluk Arab.[]Sumber:okezone

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.