11 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


ABK Asal Filipina yang Dirawat di Aceh Kini Sembuh dari Covid-19

...

  • Fakhrurrazi
  • 27 June 2020 12:45 WIB

Ilustrasi - RICU RSUDZA. Foto: dok. Portalsatu
Ilustrasi - RICU RSUDZA. Foto: dok. Portalsatu

BANDA ACEH - Seorang Anak Buah Kapal (ABK) asal Filipina yang dievakuasi Basarnas Kota Banda Aceh ke RSUDZA, kemudian positif Covid-19 kini dinyatakan sembuh setelah uji swab keempat.

Berdasarkan hasil uji swab dari Balai Litbang Kemenkes Aceh Besar, pasien berinisial MDB (49) dinyatakan negatif atau telah sembuh dari virus corona, Jumat, 26 Juni 2020, sore.

Wakil Direktur Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, Endang Mutiawati, mengatakan pasien itu sedang dalam proses pemulangan.

"Iya benar (sembuh), hasil swab-nya keluar kemarin. Saat ini sedang proses pulang," kata Endang Mutiawati saat dikonfirmasi portalsatu.com, Sabtu, 27 Juni 2020.

Diberitakan sebelumnya, satu warga negara Filipina yang bekerja di kapal kargo terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga selama ini menjalani perawatan di RSUDZA. 

"Ada pasien dari Filipina, dulu deman di kapal dibawa ke tempat Covid-19. Dua kali dites swab PCR negatif sehingga dipindahkan ke ruang non-Covid-19. Tapi ketika hendak dipulangkan diuji swab lagi dan ternyata hasilnya postif,” jelasnya.

Tapi, kata Endang, meski terkonfirmasi positif Covid-19, pasien tersebut tidak berbahaya lantaran selama perawatan tidak menunjukan gejala batuk-batuk dan tak mengeluarkan cairan erosol. Hasil uji swab keempat kini warga Filipina itu dinyatakan negatif Covid-19.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.