26 November 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Abrasi Pantai Ulee Madon Meluas 

...

  • Fazil
  • 16 November 2020 17:40 WIB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

ACEH UTARA - Abrasi di pesisir kawasan Gampong Ulee Madon, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, tampak semakin parah dan meluas hingga menghantam sejumlah fasilitas usaha tambak warga setempat.

Keuchik Gampong Ulee Madon, T. Salahuddin, dihubungi portalsatu.com, mengatakan hantaman gelombang air laut menyebabkan abrasi pantai sudah merembes ke beberapa gampong sekitar. Akan tetapi abrasi paling parah di Ulee Madon.

"Abrasi di pesisir pantai ini memang sudah terjadi sejak tahun 2004 lalu. Sekarang semakin parah, gelombang air laut itu telah menghantam sejumlah fasilitas pembibitan benur udang vaname, tambak, dan permukiman warga serta rel kereta api yang tidak jauh dari pesisir tersebut," kata Salahuddin, Senin, 16 November 2020.

Menurut Salahuddin, pinggiran pantai itu sudah terkikis kurang lebih sekitar 300 meter ke daratan. Dampaknya, pengusaha pembibitan benur udang vaname dan warga pemilik tambak mengalami kerugian mencapai puluhan juta rupiah. Bila tidak diantisipasi, abrasi berpotensi meluas ke permukiman warga.

"Masyarakat pernah mengajukan permohonan untuk mengatasi abrasi tersebut kepada pemerintah melalui dinas terkait agar membangun batu pemecah ombak. Tapi hingga kini belum direalisasikan. Kita berharap kondisi ini segera dapat teratasi," ucap Salahuddin.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.