26 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Aceh Jaya Kembali Terima Penghargaan Peduli HAM

...

  • portalsatu.com
  • 13 December 2018 07:30 WIB

@istimewa
@istimewa

ACEH JAYA - Dalam rangka peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia Tahun 2018, Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB, menerima penghargaan katagori Kabupaten Peduli HAM yang diserahkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Dr. Yosanna H Laoly, SH M.Sc., di gedung kementerian itu, Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Pada tahun lalu, di Solo Jawa Barat, Kabupaten Aceh Jaya meraih penghargaan yang sama sebagai perwakilan Aceh lainnya.

"Sementara pada tahun ini Pemerintah Pusat menetapkan 5 Kabupaten/Kota di Aceh yang meraih Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM yakni Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Pidie, Kabupaten Bireuen, Kota Langsa dan Kota Lhokseumawe," ucap Irfan.

Untuk memenuhi status Kabupaten/Kota Peduli HAM, lanjut Irfan, Pemerintah Pusat menetapkan 83 indikator penilaian dan Aceh Jaya masuk katagori-katagori tersebut. Pemkab Aceh Jaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan melaksanakan program kerja yang bertujuan untuk memenuhi hak-hak dasar masyarakat.

"Terima Kasih kepada para Kepala SKPK dan staf yang telah melaksanakan program kerja berbasis pemenuhan HAM sehingga Aceh Jaya pada tahun ini kembali berhasil untuk kedua kalinya mencapai kategori Peduli HAM," kata Irfan.

Menteri Hukum dan HAM dalam laporannya menyampaikan, pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan motivasi Pemerintah Pusat bagi Kabupaten/Kota atas komitmen dan upayanya untuk memenuhi hak-hak dasar warga dan masyarakatnya terutama di bidang kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, pekerjaan, lingkungan yang berkelanjutan, perumahan yang layak. 

"Semoga penghargaan ini dapat memberikan semangat kepada Pemerintah Daerah untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," katanya.

Sementara, Wakil Presiden Yusuf Kala dalam pidatonya menyampaikan, berbicara mengenai HAM tentu ada hak dan kewajiban. "Kita semua harus terus menjaga hak dan kewajiban masing-masing, menjaga toleransi dan tidak diskriminasi".

"Hari ini saya juga menyampaikan selamat kepada Pemerintah Daerah yang telah mendapatkan penghargaan Kabupaten/Kota yang telah mencapai kategori peduli HAM dan semoga dapat terus ditingkatkan lagi ke depannya," katanya.[](rel)

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.