23 October 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ada Buaya di Perairan Aceh Utara

...

  • PORTALSATU
  • 12 February 2018 17:05 WIB

Ilustrasi. @istimewa
Ilustrasi. @istimewa

LHOKSEUMAWE – Seekor buaya dilaporkan muncul di perairan Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Minggu, 11 Februari 2018. Buaya itu sempat direkam menggunakan kamera telepon pintar oleh Syahrul, warga Gampong Kuta Krueng, Kecamatan Samudera.

Mulanya, Syahrul memasang jaring ikan di pinggir pantai Kuta Krueng, Minggu, sekitar pukul 07.00 WIB. Tiba-tiba, Syahrul dikejutkan dengan teriakan seorang petani tambak yang memintanya segera berlari ke daratan. Petani tambak tersebut kemudian menunjuk ke arah buaya di laut. Syahrul pun terkejut saat melihat buaya sedang meluncur di laut dari arah barat ke timur, kurang 100 meter dari pantai.

“Lalu, saya rekam. Panjangnya sekitar lima meter. Buaya itu berenang sepanjang pinggir pantai, dan tampaknya sudah kelelahan,” kata Syahrul menjawab portalsatu.com lewat telepon seluler, Senin, 12 Februari 2018.

Syahrul melihat buaya itu terus berenang ke arah timur. Ia lantas berangkat menggunakan sepeda motornya ke Pantai Sawang untuk memberitahukan masyarakat setempat. Sebab, biasanya hari Minggu banyak masyarakat yang berlibur dan mandi di Pantai Sawang.

“Saya lihat cukup ramai orang mandi. Saya panggil salah seorang bapak-bapak (pria dewasa), tapi saya minta dia agar tidak panik. Saya sarankan agar dia segera mengajak keluarganya yang sedang mandi di laut untuk naik ke pantai, karena ada buaya sedang lewat,” ujar Syahrul.

Menurut Syahrul, awalnya sebagian warga di Pantai Sawang tidak percaya bahwa yang mereka lihat itu buaya. “Banyak yang mengatakan bukan buaya, tapi kayu. Setelah diperhatikan dengan teliti, baru mereka percaya,” katanya.

Tidak lama kemudian datang sejumlah nelayan dalam sebuah boat ke Pantai Sawang. Para nelayan itu meminta masyarakat yang sedang mandi di laut agar segera ke daratan karena ada buaya. “Terakhir saya pantau sampai pukul 09.30 WIB, buaya itu tampak timbul tenggelam seperti sedang kelelahan. Jaraknya, sekitar 150 meter dari bibir Pantai Sawang,” ujar Syahrul.

Syahrul berharap pihak berwenang segera mengambil langkah yang tepat terhadap buaya tersebut.[](idg)

Editor: IRMANSYAH D GUCI

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.