20 October 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Aksi Pencurian Kembali Terjadi, Warga Mulai Resah

...

  • SUDIRMAN
  • 09 October 2018 17:00 WIB

ilustrasi. @ist/net
ilustrasi. @ist/net

SUBULUSSALAM - Masyarakat kembali resah menyusul terjadinya aksi pencurian membobol rumah toko (ruko)  di Jalan Malikussaleh, Desa Subulussalam Selatan, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Minggu, 7 Oktober 2018. 

"Aksi pencurian itu diperkirakan terjadi pada Minggu dini hari saat kondisi sedang sepi," kata Bustami, salah seorang pemilik toko pakaian di Jalan Malikussaleh, Selasa, 9 Oktober 2018.

Dia mengatakan, dua dari tiga ruko dibobol maling dan mengambil sejumlah barang berharga seperti pakaian dan peralatan elektronik.

"Alhamdulillah barang di dalam ruko milik saya tidak hilang meski satu bagian pintu sempat dibobol dengan cara merusak kunci," kata Bustami.

Salah satu ruko yang menjual pakaian habis digasak maling. Sementara satu ruko lainnya kehilangan televisi. Sedangkan ruko milik Bustami aman dari aksi pencurian itu, meski kunci pintu sempat dirusak maling.

”Kuncilnya dibobol tapi tidak sempat masuk, beruntung masih aman," ujarnya.

Menurut Bustami, ada warga di sekitar itu yang mendengar aksi kejahatan itu. Namun entah kenapa mereka  tidak mau memberi tahu kepada Bustami, sehingga maling itu menjalankan aksinya dengan membobol dua ruko.

"Iya sebenarnya ada tetangga yang mendengar tapi entah kenapa mereka tidak mau memberitahu saya. Menurut yang mendengar itu pelaku membawa mobil,” ungkap Bustami.

Meski di bagian depan rukonya, ada CCTV, namun Bustami tidak bisa melacak siapa pelaku pencurian itu lantaran tidak terlihat di CCTV akibat gelap, pelaku diduga sudah memadamkan meteran lampu sebelum menjalankan aksinya.

"Tidak tampak, malingnya sudah profesional ini, meteran lampu dimatikan sehingga tidak terlihat di CCTV karena  gelap," ujarnya.

Padahal Bustami sengaja memasang CCTV agar bisa melacak pelaku setelah sebelumnya pada Agustus 2015 lalu, dia sempat mengalami kerugian mencapai Rp120 juta saat maling membobol toko pakaian miliknya.

Aksi pencurian sedang marak di wilayah Kecamatan Simpang Kiri yang merupakan kawasan pusat kota. Sebelumnya aksi membobol rumah penduduk juga terjadi persis Minggu dini hari sekitar pukul 03:00 WIB.

Korbannya adalah Alamin yang kehilangan satu sepeda motor jenis Honda Scopy serta sejumlah uang dan perhiasan. Maling diduga masuk dari pintu belakang rumah lalu membawa kabur harta benda mereka. 

Menurut Alamin, kejadian serupa juga menimpa warga tetangga yakni Begah, kehilangan uang tunai Rp1 juta setelah maling masuk ke dalam rumahnya.[]

Editor: portalsatu.com


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.