23 May 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Al-Birru Serahkan Paket Ramadan dan Periksa Kesehatan Kaum Duafa

...

  • PORTALSATU
  • 12 May 2018 16:25 WIB

@Al-Birru
@Al-Birru
@Al-Birru
@Al-Birru
@Al-Birru

LHOKSEUMAWE – Komunitas “Al-Birru” menyerahkan bantuan paket Ramadhan (Ramadan) untuk 165 warga duafa di sejumlah gampong dalam Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, Sabtu, 12 Mei 2018. Komunitas Al-Birru bekerja sama dengan tim medis juga memeriksa kesehatan 70 warga duafa di Posko Al-Birru, Gampong Uteun Bayi, Kecamatan Banda Sakti.

Paket Ramadan untuk kaum duafa, secara simbolis diserahkan oleh Koordinator Al-Birru, Ustaz Ikhwansyah, M.A., Geuchik Uteun Bayi, Agussalim Ismail, Ketua PMI Lhokseumawe, Junaidi Yahya, dan perwakilan Kodim Aceh Utara.

“Paket Ramadan untuk sebagian kaum duafa diserahkan di Posko Al-Birru, sebagian lainnya diantar langsung menggunakan becak ke rumah-rumah kaum duafa yang sebelumnya sudah kita verifikasi agar bantuan ini tepat sasaran. Semuanya 165 warga duafa yang menerima paket Ramadan,” ujar Bendahara Al-Birru, Jalaluddin, SKM., M.Kes., didampingi Koordinator Lapangan Al-Birru, Herman Ibrahim.

Jalaluddin menjelaskan, 165 warga duafa itu berasal dari Gampong Uteun Bayi, Banda Masen, Ulee Jalan, Ujong Blang, Tumpok Teungoh, dan Mon Geudong, Kecamatan Banda Sakti. “Paket Ramadan yang kita serahkan berupa sirup dua botol, gula 2 kg, minyak goreng 1 kg, kacang hijau ½ kg dan teh celup 1 kotak untuk masing-masing wara duafa. Ini berasal dari sumbangan berbagai kalangan melalui Al-Birru. Karena pada bulan puasa nanti kita tidak melaksanakan bedah rumah duafa, maka kita menyerahkan paket Ramadan,” katanya.

Komunitas Al-Birru bekerja sama dengan tim medis juga memeriksa kesehatan 70 warga duafa. Kaum duafa yang rata-rata sudah renta dan dalam kondisi sakit atau pernah mengalami stroke, diperiksa oleh dokter spesialis neurologi, Ikhwan, dibantu para perawat senior, yaitu M. Syafii, S.Kep., Riza Raihana, S.Kep., Cut Nurmalawati, S.Kep., Azizah, S.Kep., Rosmiati, S.Kep., dan Yusnidar, S.Kep. Mereka merupakan tim medis dari rumah sakit milik pemerintah daerah.

“Kaum duafa diperiksa glukosa atau gula darah, tekanan darah, dan pemeriksaan stroke,” ujar Jalaluddin. "Tadi kita juga memberikan semacam penyuluhan kesehatan yaitu berbagi tips hidup sehat. Bagaimana memilih makanan yang sehat seperti menu seimbang dan bergizi. Banyak makan buah-buahan dan sayur, serta hindari makanan berlemak," kata Jalaluddin yang juga ahli gizi.

Koordinator Lapangan Al-Birru, Herman Ibrahim menambahkan, “Kaum duafa yang sudah lanjut usia dan dalam kondisi sakit, kita jemput ke rumahnya dengan mobil Ambulans milik PMI Lhokseumawe, dan becak mesin milik Wak Son, relawan Al-Birru. Setelah diperiksa kesehatan dan diserahkan paket Ramadan, warga duafa itu diantar kembali ke rumahnya”.

Herman Ibrahim yang juga tokoh pemuda Uteun Bayi mengucap terima kasih kepada semua pihak yang sudah menyumbangkan dana melalui Al-Birru untuk paket Ramadan yang diserahkan kepada kaum duafa. “Semoga sumbangan yang telah diberikan secara ikhlas ini menjadi amal kita bersama. Dengan kebersamaan dan kekompakan kini terbukti kita dapat membantu kaum duafa,” ujarnya.

Ke depan Al-Birru berencana bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Lhokseumawe, agar dapat memeriksa kesehatan kaum duafa dalam jumlah lebih banyak lagi. “Ke depan kita akan berupaya lebih maksimal lagi, termasuk mengundang dokter spesialis penyakit dalam,” kata Jalaluddin, Bendahara Al-Birru.[](idg)

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.