20 October 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Alasan Delegasi dari MRP Papua Belajar Toleransi Beragama ke Aceh

...

  • Jamaluddin
  • 11 October 2018 16:01 WIB

Suasana diskusi tim MRP dengan MAA di riang duek meusapat MAA, pada Kamis, 11 Oktober 2018 @Jamaluddin/portalsatu.com
Suasana diskusi tim MRP dengan MAA di riang duek meusapat MAA, pada Kamis, 11 Oktober 2018 @Jamaluddin/portalsatu.com

BANDA ACEH - Majelis Rakyat Papua Barat (MRP) melakukan studi banding dalam rangka pengembangan kapasitas di bidang keagamaan berkaitan dengan kerukunan hidup beragama ke Aceh. 

Acara diskusi dipimpin Ketua Majelis Adat Aceh (MAA), H. Badruzzaman, S.H., M.Hum., di Ruang Duek Meusapat, MAA, Kamis, 11 Oktober 2018.

"Ini kunjungan Majelis Adat di Papua ke Majlis Adat Aceh, menurut mereka dari segi peradaban, kita jauh lebih maju dan mereka ingin belajar dari kita serta berterima kasih kepada masyarakat Aceh yang mayoritas Muslim sangat toleransi terhadap agama lain khususnya agama Nasrani," kata Anggota Bidang Putroe Phang MAA, Dra. Hj. Nur Asmah, M.Pd., kepada portalsatu.com.

Delegasi berjumlah tiga belas orang tersebut ke Aceh, dipimpin wakil ketua MRP Pdt. Jimmy Mabel. Kunjungan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan wawasan berpikir yang baik bagi anggota kelompok kerja keagamaaan MRP dalam pelaksanaan dan fungsinya, menjalin hubungan komunikasi dengan Aceh, dan untuk melihat implementasi UU otonomi khusus Aceh secara umum, dan secara khusus terhadap kerukunan antarumat beragama.

Dalam kunjungan ke Aceh pada 9-12 Oktober 2018, MRP mengagendakan berjumpa dengan gubernur, Dinas Syariat Islam, MAA, dan ke berbagai situs keagamaan lainnya. 

Dalam kunjungannya pihak MRP juga berharap untuk dapat berkunjung ke kampus-kampus, berjumpa dengan mahasiswa asal Papua. Direncanakan juga berkunjung ke gereja Katolik Hati Kudus untuk melihat implementasi kerukunan umat beragama di Aceh.

"Ini pertama mereka berkunjung, sedangkan Aceh secara lembaga juga belum pernah ke sana, tapi bapak ketua kita Badruzzaman sudah kenal dengan bapak ketua MRP lebih kurang sepuluh tahun yang lalu di event nasional, dan pada kesempatan ini mereka juga mengundang MAA untuk berkunjung ke Papua dalam hal yang sama," kata Hj. Nur Asmah.[]

Editor: Arman


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.