26 September 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia

Proyek Tinja Rusak Cagar Budaya
Aminullah Usman: Apabila Benar, Kami Akan Hentikan

...

  • MHD SAIFULLAH
  • 12 September 2017 02:41 WIB

BANDA ACEH - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, mengaku sudah sudah meminta pemerintah Pusat untuk meninjau kembali proyek Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL). Dia mengaku Pemerintah Kota Banda Aceh tidak memiliki kapasitas untuk menghentikan langsung proyek tersebut.

"Kapasitas kita itu meminta kepada mereka, untuk menyetop proyek itu bukan pada wewenang kita. Jadi wewenangnya itu Kementerian PU PR dan kita hanya mengimbau," kata Aminullah kepada portalsatu.com, sesaat pelaksanaan ukhubat hukuman cambuk di Masjid Teuku Umar, Seutui, Banda Aceh, Senin, 11 September 2017.

Pihaknya juga sudah mengadakan rapat dengan seluruh pihak terkait, mulai dari kontraktor, pihak kementerian, perwakilan Gampong Jawa, Gampong Pande dan pihak yang mengetahui tentang sejarah, makam, dan benda-benda bersejarah tersebut. Namun hingga berita ini diturunkan, Selasa, 12 September 2017 dinihari, tidak diketahui hasil rapat dan siapa personal yang menghadiri pertemuan tersebut secara rinci.

Aminullah mengaku sama sekali tidak tahu kalau proyek yang dilaksanakan tersebut dibangun di atas situs cagar budaya serta makam para raja dan makam para ulama. Dia mengatakan Pemko Banda Aceh sebelumnya juga sudah meminta pihak kontraktor untuk melakukan survei ulang lokasi pengerjaan proyek IPAL.

"Proyek ini telah berjalan dari tahun 2016, bukan baru berjalan. Ini sudah berjalan lama. Jadi kami itu sebenarnya tidak tahu menahu mengenai proyek ini, karena ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2016 sebelum kami bertugas," katanya.

Dia mengatakan akan mengikuti keinginan masyarakat jika benar hasil survei menyebutkan terdapat situs bersejarah di tempat tersebut. 

"Apabila itu benar nanti hasil survei itu, bahwa di situ makam para ulama yang sudah ratusan tahun barangkali, kami akan minta hentikan proyek itu," katanya lagi.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.