11 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Anggota DPRA Sesalkan Dinas Pengairan Aceh Belum Tangani Irigasi Rusak di Tanoh Abee

...

  • PORTALSATU
  • 30 December 2019 21:30 WIB

BANDA ACEH - Anggota DPRA dari Partai Amanat Nasional (PAN), Muchlis Zulkifli, menyesalkan Dinas Pengairan Aceh belum melakukan penanganan terhadap kerusakan jaringan irigasi di Kemukiman Tanoh Abee, Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar. Kondisi ini dinilai berpotensi merugikan para petani lantaran tanaman padi terancam gagal panen akibat kekurangan air.

"Ini laporan masyarakat, juga hasil reses saya di lapangan, kok DInas Pengairan belum turun tangan, padahal masyarakat membutuhkan air untuk sawahnya," kata Muchlis di Gedung DPRA, 30 Desember 2019.

Muchlis menyebutkan, bendungan Krueng Aceh selama ini mengairi sawah di beberapa kecamatan, di antaranya Seulimeum, Indrapuri, Montasik, Ingin Jaya, Blang Bintang, Darussalam dan Baitussalam. Namun, setelah kerusakan jaringan irigasi di Tanoh Abee itu, kebutuhan air untuk sawah petani tidak mencukupi.

"Masyakat sangat membutuhkan jaringan irigasi itu," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengairan Aceh, Mawardi, mengatakan tim dari dinas ini sudah turun ke lapangan setelah tanggul irigasi di Tanoh Abee ambruk.

"Tim saya sudah turun ke lapangan dan sudah melaporkan ke pihak Balai, apakah ini kewenangan pusat yang menangani atau kabupaten. Tetapi dari Balai belum ada respons. Ya, DInas Pengairan Aceh akan mengambil langkah, akan segera diperbaiki. Yang penting air bisa mengalir karena masyarakat sangat membutuhkan," jelas Mawardi saat dikonfirmasi melalui telepon seluler.[]

Penulis: Khairul Anwar

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.