18 December 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia

Mie Instan Mengandung Babi
Anggota DPRA Sidak Indomaret Aceh Tengah

...

  • portalsatu.com
  • 19 June 2017 04:05 WIB

Adam Mukhlis Arifin memeriksa salah satu Indomaret di Aceh Tengah untuk memastikan produk mie instan Korea ditarik dari pasaran. @Nusi P Sirungkeng
Adam Mukhlis Arifin memeriksa salah satu Indomaret di Aceh Tengah untuk memastikan produk mie instan Korea ditarik dari pasaran. @Nusi P Sirungkeng

TAKENGON - Anggota DPR Aceh, Adam Mukhlis Arifin, meninjau salah satu ritel Indomaret yang ada di Kota Takengon, Senin, 19 Juni 2017 sekitar pukul 00.30 WIB tadi. Peninjauan ini dilakukan anggota Komisi 6 bidang kesehatan tersebut setelah mengetahui masih beredarnya mie instan produk Korea, yang diduga kuat terkontaminasi kandungan babi.

"Ini bukan yang pertama di Aceh Tengah. Kemarin bakso babi, sekarang mie babi pun masih ada di kampung halaman ku (Gayo-red). Jadi BPPOM Aceh dan pihak terkait ngapain aja, tidur?," kata Adam Mukhlis usai sidak.

PolitisiPartai Aceh itu menyebutkan, beredarnya mie instan produk Korea bermerek Nongsim tersebut, menunjukkan lemahnya pengawasan BPPOM Aceh dan pihak terkait dalam bertugas. Terlebih, kata Adam Mukhlis, BPPOM RI telah memerintahkan kepada jajaran di bawahnya untuk menarik produk mie instan asal Korea itu pada 15 Juni 2017 lalu.

Berdasarkan hasil sidak diketahui mie instan itu baru saja ditarik dari pasaran. Penarikan itu juga dilakukan pedagang lantaran telah ramai diperbincangkan.

"Menurut keterangan petugas di salah satu Indomaret tadi, mie Nongsim-nya sudah ditarik lantaran sudah diperintahkan oleh petugas kesehatan. Artinya, petugas kesehatan di Aceh Tengah, kalau sudah dikritik baru terkejut, sudah di sorot media baru bertindak," kata Adam Mukhlis Arifin.

Sebelumnya diberitakan, salah satu Indomaret di Kota Takengon, Aceh Tengah, masih menjajakan mie instan produk Korea bermerek Nongsim. Padahal BPPOM RI sudah menyatakan produk tersebut positif mengandung fragmen DNA spesifik babi.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.