26 February 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Anggota DPRK Bireuen: Pemkab Jangan Hanya Fokus Infrastruktur

...

  • PORTALSATU
  • 13 February 2020 17:45 WIB

Foto: Murdeli
Foto: Murdeli

BIREUEN - Anggota DPRK Bireuen, Sufyannur, minta Pemkab Bireuen jangan hanya fokus pada pembangunan bidang infrastruktur, tetapi turut memasukkan program pemberdayaan ekonomi.

"Pemkab Bireuen juga harus memberi perhatian pada program tentang kemakmuran agama serta pelestarian budaya," ucap Sufyannur pada Musrenbang Kecamatan Juli di Gedung Serba Guna Kecamatan Juli, Kamis, 13 Februari 2020.

Sebab, kata Sufyannur, tanpa agama tujuan pembangunan juga tidak akan maksimal. Makanya penting bagi Pemkab Bireuen untuk membantu kemakmuran balai pengajian sebagaimana tersebut dalam lagu Indonesia raya 'bangunlah badannya bangunlah jiwanya'.

"Saya berharap Bappeda memasukkan program pemberdayaan ekonomi, bantuan balai pengajian dan pelestarian budaya dalam Musrenbang Kabupaten dan mengakomodir program itu dalam APBK Bireuen 2021," ujar anggota DPRK dari Partai Aceh itu.

Sufyannur yang merupakan putra Kecamatan Juli mengaku risau terhadap generasi kini sibuk dengan internet. Makanya, menurut dia, perlu diantisipasi dengan program pelestarian budaya seperti meurukon dan seni rapai sebagai bagian dari mendidik generasi agar tak lupa budaya sendiri.

"Saya berharap apa yang disampaikan dan diusulkan perangkat desa di Kecamatan Juli dapat diserap Pemkab Bireuen, kalaupun tidak semuanya bisa sampai 70 persen menjadi dasar dalam menyusun program pembangunan," ujarnya.

Asisten I Setdakab Bireuen, Mursyid, S.P., yang membuka agenda rutin itu mengatakan Musrenbang merupakan wadah menyusun rencana pembangunan pemerintah 2021 dan menjadi bahan utama menyusun KUA dan PPAS tahun 2021 yang hasilnya berasal dari Musrenbang Desa.

"Seleksi program pembangunan untuk menetapkan program prioritas dengan sebaiknya. Melalui program tepat untuk pengentasan kemiskinan. Malu kita sebab orang luar Aceh tahunya Aceh kaya tetapi ternyata Aceh termiskin di Sumatera," katanya.[](Murdeli)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.