10 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Anggota Komisi III DPRA Kritik Bappeda Aceh Terkait Program Prioritas

...

  • portalsatu.com
  • 25 June 2020 16:25 WIB

Anggota Komisi III DPRA Mukhtar Daud [Foto: Khairul Anwar]
Anggota Komisi III DPRA Mukhtar Daud [Foto: Khairul Anwar]

Untuk pengembangan ekonomi di Aceh dan menekan angka kemiskinan, semua sektor harus digarap, baik kelautan, perkebunan, peternakan, pariwisata dan berbagai sektor potensial lainnya.

BANDA ACEH – Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Mukhtar Daud menilai program usulan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh terkait penurunan angka kemiskinan terkesan abal-abal alias asal-asalan.

Pria sering disapa Keuchik Tar itu menyayangkan Pemerintah Aceh yang hanya memprioritaskan infrastruktur dan pertanian. Ia menilai Bappeda Aceh tidak memperlihatkan program prioritas tahunan sesuai dengan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), dan visi misi Pemerintah Aceh.

"Saat kami tanya dalam pertemuan, Bappeda tidak dapat menguraikan program-program yang diprioritaskan atau tidak dipriotas dalam usulan, sesuai dengan RPJM Aceh. Bappeda Aceh tak bisa menguraikannya dengan jelas," ungkap Mukhtar Daud di Ruang Badan Musyawarah (Banmus) DPRA, Kamis, 25 Juni 2020.

Mukhtar Daud menambahkan, untuk pengembangan ekonomi di Aceh dan menekan angka kemiskinan, semua sektor harus digarap, baik kelautan, perkebunan, peternakan, pariwisata dan berbagai sektor potensial lainnya.

 "Nangroe Aceh meuteuwah, semua ada. Cuma belum tersentuh. Sumber daya manusia juga melimpah, pembinaannya yang belum tepat,"  tambahnya.

Mukhtar Daud berharap Bappeda Aceh setiap tahun harus mengusulkan minimal satu sektor pembangunan yang fokus dan tepat sasaran untuk pembangunan ekonomi kerakyatan dan pengentasan kemiskinan. Bappeda Aceh juga diminta untuk melakukan sinkroisasi program dengan Bappeda kabupaten/kota di Aceh, sehingga program-program dari daerah tertampung.

Sementara itu Kepala Bappeda Aceh Helvizar Ibrahim, seusai mengikuti rapat dengan Komisi III di Gedung Banmus DPRA enggan berkomentar ketika ditanya terkait hal tersebut.[Khairul Anwar]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.