10 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Antisipasi Banjir, Pemkab Pidie Bersihkan Kolong Jembatan

...

  • ZAMAH SARI
  • 16 February 2020 20:45 WIB

Foto: Zamah Sari/portalsatu.com
Foto: Zamah Sari/portalsatu.com

SIGLI - Pemerintah Kabupaten Pidie menerjunkan alat berat ekskavator alias beko untuk mengangkat sampah kayu yang tersangkut di kolong jembatan Blok Sawah, Kota Sigli. Kegiatan itu dilakukan untuk antisipasi terjadi banjir akibat luapan sungai.

Permbersihan itu dilaksanakan, Ahad, 16 Februari 2020, secara terpadu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pidie bekerja sama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), TNI, Polri dan masyarakat. Kerja gotong royong itu juga dihadiri Sekda Pidie, Idhami dan Asisten II Buchari. 

Kadis DLH Pidie, Safrizal, mengatakan, pembersihan sampah kayu dalam sungai terutama yang tersangkut di kolong jembatan untuk memperlancar aliran Krueng Baro Raya yang dikenal jika hujan arusnya deras dan debit airnya cepat naik, mudah meluap ke permukiman warga. 

"Mengingat dua hari terakhir intensitas hujan tinggi berpotensi akan terjadi banjir luapan sungai, maka kita lakukan upaya pembersihan sungai agar aliran air lancar. Kita angkat sampah dan sampah kayu hanyut dari hulu tersangkut di pilar jembatan sehingga membuat air tersendat," ujar Safrizal.



Hasil pemantauan pihaknya, lanjut Kadis DLH, hampir semua jembatan sepanjang daerah aliran sungai (DAS) tersangkut berbagai sampah, mulai dari sampah plastik, kayu, ranting bambu, bahkan ada rumpun bambu yang diduga dibawa hanyut arus sungai dan tersangkut di pilar jembatan. 

"Sampah-sampah itu kita angkat bersama-sama, baik secara manual maupun menggangkat dengan beko. Alhamdulillah saat ini sudah mulai bersih dan aliran air sudah lancar, " imbuh Safrizal. 

Dia mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan serta tidak membuang sampah sembarangan, apalagi dalam sungai karena akan mengancam terjadi banjir.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.