10 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


APBK Gayo Lues Tidak Sanggup Tampung 1.108 Usulan Warga

...

  • portalsatu.com
  • 24 February 2020 19:00 WIB

Wakil Bupati Gayo Lues H Said Sani saat penutupan Musrenbang [Foto: Win Porang]
Wakil Bupati Gayo Lues H Said Sani saat penutupan Musrenbang [Foto: Win Porang]

APBK Gayo Lues yang tak sampai Rp 1 triliun tidak sanggup menampung semua program pembangunan yang diusulkan mencapai 1.108 program.

BLANGKEJEREN -- Pemerintah Kabupaten Gayo Lues mengaku tidak semua program pembangunan yang diusulkan masyarakat melalui Musrembang bisa ditampung dalam APBK. Dari 145 desa di Kabupaten Gayo Lues usulan yang masuk sebanyak 1.108 program pembangunan.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Gayo Lues H Said Sani usai penutupan Musrenbang mengatakan, dari sekian banyak usulan masyarakat hanya sekitar 30 persen bisa ditampung dari anggaran APBK, selebihnya akan diusakan dari anggaran APBA maupun dari APBN.

"APBK Gayo Lues sangat terbatas, dan tidak bisa menampung semua usulan masyarakat, jadi yang tidak bisa ditampung dari APBK, akan kita usahakan memasukanya ke anggaran APBA dan APBN, yang jelas, program yang diprioritaskan di tahun 2021 adalah program yang bisa meningkatkan ekonomi dan bisa mengentaskan kemiskinan," katanya.

Wakil Bupati juga terus menekankan agar masing-masing Kepala SKPK terus berupaya menjemput bola, jangan sampai seorang kepala dinas, badan dan kantor hanya berpangku tangan dengan APBK Gayo Lues tanpa melakukan  lobi ke provinsi dan pusat.

"Saya tekankan kepada seluruh SKPK agar jangan berdiam diri mengolah APBK yang ada, tetapi jemputlah bola supaya kegiatan yang tidak bisa ditampung dari dana APBK bisa dikerjakan dengan dana APBA dan APBN," katanya.

Sementara itu Kepala Bappeda Gayo Lues, Ibnu Hafiz, Senin, 24 Februari 2020 saat penutupan Musrenbang di Kecamatan Pantan Cuaca mengatakan. Selama  Musrenbang tingkat kecamatan sudah dilaksanakan selama 6 hari di 11 kecamatan yang dihadiri oleh 1.690 peserta dengan jumlah usulan mencapai 1.108 program.

"Usulan ini akan disampaikan ke masing-masing SKPK sesuai tugas dan fungsiya untuk dibahas di forum SKPK, kemudian disaring lagi di Musrembang Kabupaten hingga menjadi dokumen pijakan dasar program 2021," katanya. [Win Porang]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.