15 December 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Arkeolog Temukan Kerangka 2 Bayi Manusia Dalam Kandungan Berusia 3.000 Tahun di Aceh Tengah

...

  • KOMPAS
  • 05 August 2019 12:00 WIB

Foto: kompas.com
Foto: kompas.com

TAKENGON - Peneliti Balai Arkeologi Sumatera Utara menemukan dua kerangka bayi manusia prasejarah dalam kandungan, hasil penelitian di Aceh Tengah selama 10 tahun.

"Bayi dalam kandungan ditemukan di Loyang Mendale dan Loyang Muslimin. Masing-masing satu kerangka," kata Ketut Wiradnyana, Kepala Balai Arkeologi Sumatera Utara, Senin, 5 Agustus 2019.

Tidak diketahui pasti penyebab kematian dua bayi yang diperkirakan berusia 3.000 tahun tersebut. Namun, diperkirakan bukan karena kelaparan. "Kekurangan gizi, tidak, karena makanan melimpah pada saat itu. Ada kemungkinan karena wabah," ujar Ketut.

Menurut Ketut, bukti dari melimpahnya makanan pada kerangka yang diperkirakan berusia 3.000 tahun lalu, adalah keberadaan tulang belulang dari beberapa jenis makanan. Di antaranya, ikan pedih yang merupakan salah satu ikan asli (native) yang sampai saat ini hidup di sekitar Danau Laut Tawar, Takengon, Aceh Tengah.

Tulang ikan pedih yang ditemukan jumlahnya puluhan kilogram di goa tersebut.

Salah satu kemungkinan terbesar penyebab kematian dari kedua bayi dalam kandungan tersebut adalah tersebarnya penyakit yang menyebabkan bayi tersebut tidak bisa diselamatkan. "Kemungkinan penyebab kematian dari kedua bayi tersebut adalah wabah," ujar Ketut.

Menurut dia, Balai Arkeologi Sumatera Utara telah melakukan penelitian di Aceh Tengah sejak 2009 hingga 2019 dengan berbagai temuan lain yang sudah dipublikasikan.

Reporter: Iwan Bahagia.[]Sumberkompas.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.