12 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Ayah Panton Minta Dihadirkan Kitaro pada Rapa-i Internasional di Lhokseumawe

...

  • THAYEB LOH ANGEN
  • 23 August 2018 19:00 WIB

Ketua Majelis Seniman Aceh (MaSA), Syamsuddin akrab disapa Ayah Panton. @Istimewa
Ketua Majelis Seniman Aceh (MaSA), Syamsuddin akrab disapa Ayah Panton. @Istimewa

LHOKSEUMAWE - Ketua Majelis Seniman Aceh (MaSA), Syamsuddin akrab disapa Ayah Panton, mengharapkan, pada Festival Rapa-i Internasional yang akan dilangsungkan pada Nopember 2018, dihadirkan seluruh perkusi dari berbagai negara, seperti zimbe dari Afrika, dan lainnya.

"Panitia juga perlu menghadirkan Kitaro, seniman besar dari Jepang, yang memakai perkusi besar dalam atraksi seninya. Harus dihadirkan perkusi dari negara lain supaya sesuai namanya internasional. Selain itu, perkusi di Aceh selain rapa-i juga perlu dihadirkan. Misalnya, tambo (beduk), juga harus dihadirkan. Itu termasuk perkusi. Harus dihadirkan pula geudumbak (sejenis zimbe), perkusi di Aceh yang sudah menghilang. Geucok utong keu geudumbak, geucok bak keu pageue kuta," kata Ayah Panton, di Lhokseumawe, Kamis, 23 Agustus 2018.

Sebagaimana diketahui, acara Festival Rapa-i Internasional merupakan kegiatan seni yang dilaksanakan oleh Pemerintah Aceh, dimulai pada 2016 lalu di Banda Aceh. Untuk kali kedua ini, Festival Rapa-i Internasional yang rencana dilaksanakan di Kota Lhokseumawe, Pemerintah Aceh bekerja sama dengan Pemerintah Kota Lhokseumawe.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.