12 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia

Covid-19
Banda Aceh Tolak Status Zona Merah

...

  • Fakhrurrazi
  • 05 June 2020 22:35 WIB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

BANDA ACEH - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banda Aceh menolak penetapan 'Kota Gemilang' ini berstatus zona merah Coronavirus Disease 2019 berdasarkan Surat Edaran Gubernur Aceh Nomor: 440/7810 tanggal 2 Juni 2020.

Penolakan itu diserukan bersama melalui video pendek yang tersebar cepat ke WhatsApp Group (WAG). Dalam video tersebut, tampak Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, dan Ketua DPRK Farid Nyak Umar menyampaikan pernyataan penolakan, didampingi unsur Forkopimda.

"Apa yang menjadi dasar sehingga Kota Banda Aceh termasuk ke dalam salah satu kota kriteria zona merah sebagaimana surat edaran No 440/7810 tanggal 2 Juni 2020, di mana Banda Aceh dengan 8 kab/kota lainnya di Aceh termasuk zona merah," ujar Farid Nyak Umar, Ketua DPRK Banda Aceh, Jumat, 5 Juni 2020.

Forkopimda mempertanyakan apa yang menjadi dasar dan kriteria sehingga Banda Aceh dimasukkan status zona merah. Padahal Pemerintah Kota Banda Aceh selama ini sangat concerrn dengan dukungan penuh unsur Forkopimda telah bekerja keras sejak awal saat pemerintah pusat dan provinsi menetapkan Covid-19 sebagai bencana nasional nonalam.

"Kita bekerja sangat keras dengan dukungan masyarakat Banda Aceh namun tiba-tiba dua hari yang lalu tepatnya tanggal 2 Juni 2020, Banda Aceh telah ditetapkan zona merah. Kami menyampaikan protes dan mempertanyakan dan meminta agar zona merah di Kota Banda Aceh ditinjau ulang," tegas Farid.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, juga mempertanyakan mengapa penetapan Kota Banda Aceh sebagai zona merah. "Padahal itu ada tahapannya, ada orange ada kuning ada hijau. Seperti kita ketahui bersama Banda Aceh saat ini nihil Covid-19 dan juga tidak ada PDP atau nihil".

"Penetapan ini sangat merugikan Kota Banda Aceh, kita sedang pemulihan ekonomi dan sedang berjalan dengan baik, akhirnya apabila ditetapkan sebagai zona merah jelas bahwa Banda Aceh kita harus kembali lagi seperti daerah-daerah lain harus ditetapkan PSBB karena zona merah itu sudah sangat berat dan penularannya sudah luar biasa," ungkap Aminullah Usman.

Menurut Aminullah, Kota Gemilang saat ini tidak ada yang terjangkit Covid-19. Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Banda Aceh meminta Pemerintah Aceh untuk meninjau ulang penetapan Jota Banda Aceh sebagai zona merah.

"Sehingga aktivitas masyarakat dapat dilaksanakan seperti biasa dan ekonomi masyarakat bisa bangkit dan juga berbagai kegiatan-kegiatan lainnya termasuk kegiatan ibadah berjalan dengan lancar," pungkas Aminullah dalam video tersebut.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.