15 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Bandar Sabu Tewas Didor BNN di Aceh

...

  • PORTALSATU
  • 01 October 2019 16:30 WIB

Kepala BNNP Aceh Brigjen Pol. Faisal Abdul Naser menggelar konferensi pers di kantornya, 1 Oktober 2019. Foto Khairul Anwar
Kepala BNNP Aceh Brigjen Pol. Faisal Abdul Naser menggelar konferensi pers di kantornya, 1 Oktober 2019. Foto Khairul Anwar

BANDA ACEH - Warga Aceh Timur berinisial RIJ yang disebut sebagai bandar sabu, tewas ditembak tim BNNP Aceh saat penggerebekan di salah satu tempat di Kabupaten Bener Mariah, Senin, 30 September 2019.

Kelapa BNN Provinsi Aceh, Brigjen Pol. Drs. Faisal Abdul Naser, mengatakan, tersangka RIJ diburu setelah dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh Direktorat Interdiksi BNN RI karena menyelundupkan sabu seberat 35 kg dari Aceh ke Pelabuhan Merak, Banten, pada Mei lalu. 

“BNNP Aceh mendapatkan informasi bahwa tersangka berada di wilayah Kabupaten Bener Meriah (Senin/kemarin). Saat dilakukan penyelidikan benar adanya tersangka bersembunyi di sana,” kata Faisal Abdul Nasir saat konferensi pers di Kantor BNN Aceh, Banda Aceh, Selasa, 1 Oktober 2019. 

Faisal melanjutkan, tim BNNP Aceh berkerja sama dengan tim Polda Aceh kemudian melakukan pengeledahan di tempat persembunyian Ridwan Ilyas Jamil. Saat dilakukan penangkapan, kata dia, tersangka berusaha kabur dengan sepeda motornya. "Setelah dilepaskan tembakan peringatan, tersangka tidak mengindahkannya, lalu tim melakukan tindakan tegas terukur dengan menembak ke arah tersangka".

“Saat diupayakan pertolongan medis oleh tim di dalam perjalanan ke Rumah Sakit Kabupaten Bireuen tersangka meninggal dunia. Saat ini jenazah tersangka berada di RS Dokkes Bhayangkara Aceh guna dikakukan visum,” ujar Faisal.

Selundupkan sabu

Faisal menjelaskan, kasus narkotika melibatkan RIJ terungkap berawal dari informasi masyarakat bahwa akan ada pengiriman sabu yang disembunyikan di dalam truk bermuatan sayur Kol, dari Kabanjahe, Sumatera Utara, ke Jakarta. 

"Termonitor truk colt diesel bak warna kuning kombinasi nomor polisi BK 9434 EN bermuatan sayur kol. Selanjutnya Tim BNN melakukan pembuntutan terhadap truk tersebut dari wilayah Lampung hingga menyeberang Bakauheni ke Merak," katanya.

Di tengah perjalanan tim BNN menghentikan truk tersebut di fly over selepas Pelabuhan Merak. Selanjutnya truk disopiri M dan seorang kernet digiring ke area SPBU, Jl. Terusan Tol Jakarta-Merak Km 2, Cikuasa Atas, Kelurahan Gerem, Kec Gerogol, Cilegon.

“Setelah dibongkar seluruh muatan truk tersebut, tepat Rabu, 22 Mei 2019 pukul 01.00 WIB tim berhasil menemukan 35 bungkus sabu di dinding bak belakang truk,” ungkapnya.

Dari pengakuan M, kata Faisal, yang bersangkutan mendapatkan sabu dari RA atas perintah RIJ. Dari keterangan sopir dan kernet truk tadi, tim BNNP Aceh dan BNNK Langsa kemudian menangkap RA di Dusun Tanjung Putus Kampung Jawa, Kecamatan Langsa, Kota Langsa.[]

Laporan Khairul Anwar

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.